Supaya Khusyuk, Pilih Posisi Ini Saat Salat Tarawih

Pernah nggak sih kamu merasa malas atau lelah ketika akan berangkat tarawih? Atau tetap berangkat tapi malah ngantuk? Duh, problem banget nih. Nah, ada beberapa tips nih buatmu mencari posisi salat supaya tarawihmu bisa kusyuk dan nggak bikin gampang ngantuk.

Supaya Khusyuk, Pilih Posisi Ini Saat Salat Tarawih
Tips cari posisi salat tarawih. (Bersamadakwah.net)

Inibaru.id – Selain berpuasa, umat Islam juga disunahkan untuk menjalankan salat Tarawih saat Ramadan. Berbeda dengan salat sunah lainnya yang dilakukan secara mandiri, salat Tarawih dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah. Alhasil, masjid, langgar, hingga surau dipadati masyarakat yang hendak menjalankan salat sunah selepas Isya ini.

Pahala yang dijanjikan untuk salat Tarawih juga nggak tanggung-tanggung, lo. Setiap salat Tarawih juga memiliki keistimewaan tersendiri, misalnya salat Tarawih pada malam pertama memiliki keutamaan dapat menghapus seluruh dosa sehingga tidak mempunyai dosa seperti anak bayi yang baru dilahirkan. Keutamaan salat Tarawih pada malam pertama berbeda dengan salat Tarawih malam kedua dan seterusnya. Nggak heran kalau orang muslim berlomba-lomba agar nggak bolong salat Tarawih.

Nah, agar salat Tarawihmu tetap nyaman meski masjid penuh sesak dengan jemaah, kamu mesti memilih posisi yang tepat nih, Millens. Inibaru.id memiliki beberapa rekomendasi posisi salat yang bisa kamu gunakan saat salat Tarawih di masjid.

Datang lebih awal

Agar kamu leluasa memilih posisi yang tepat, kamu mesti datang lebih awal nih. Dengan datang ke masjid atau musala lebih awal, kamu juga bisa lebih rileks alias nggak terburu-buru.

Cari posisi di depan alias di belakang imam

Posisi salat di belakang imam. (Abiummi.com)

Posisi ini terbilang yang paling afdal bagi jemaah laki-laki. Nggak cuma itu, posisi di depan akan membuatmu lebih fokus dan khusyuk ketika salat, apalagi ketika sesi ceramah.

Cari posisi pinggir dekat pintu keluar yang menuju tempat wudu

Salat tarawih. (Ikhtisarislami.com)

Posisi ini terbilang strategis untuk melakukan salat Tarawih. Bila sewaktu-waktu wudumu batal atau mulai mengantuk, kamu bisa langsung pergi untuk mengambil wudu. Efek air dapat menyegarkan dan membuatmu semangat lagi, apalagi jika air tersebut sudah diniatkan dengan doa wudu, pasti akan lebih menyegarkan.

Jangan duduk di belakang

Barisan belakang. (Bersamadakwah.net)

Posisi belakang basanya jadi incaran banyak orang. Selain bisa sandaran, akses keluar masuk masjid juga leluasa. Namun, posisi ini bisa membuatmu kehilangan fokus, apalagi kalau dari rumah sudah ada rasa malas. Kamu akan semakin mengantuk bila duduk di belakang. Bila saf depan sudah penuh dan saf tengah masih kosong, usahakan duduk di tengah ya Millens, supaya nggak ngantuk.

Jangan duduk persis di bawah kipas

Salat di dekat kipas angin. (ldiibandung.blogspot.com)

Posisi dekat kipas angin nggak direkomendasikan kalau kamu sedang lelah. Nggak cuma bikin kamu mengantuk, duduk persis di bawah kipas angin bisa bikin masuk angin juga. Jadi, usahakan mencari posisi yang agak jauh dari kipas angin. tapi jangan jauh-jauh juga karena bisa gerah.

Nah, itulah rekomendasi posisi salat agar kamu tetap khusyuk saat salat Tarawih. Eits, tapi perlu diketahui, salat di posisi mana pun sebenarnya nggak masalah, asalkan kamu bisa fokus untuk beribadah. Oh iya, jangan lupa rapatkan saf ya. Konon, bila safmu rapat, kamu bisa mendapatkan kekuatan dari jemaah yang ada di sebelah kanan dan kirimu.

Selamat bersalat Tarawih, Millens. (IB07/E04)