Ini Tips Berbuka Puasa Agar Nggak Lemas Saat Salat Tarawih

Hayo, siapa nih yang malas salat tarawih? Bisa jadi itu karena cara berbukamu yang salah, lo. Yuk simak tips berbuka berikut ini agar nggak lemas atau ngantuk saat salat tarawih.

Ini Tips Berbuka Puasa Agar Nggak Lemas Saat Salat Tarawih
Salat tarawih berjamaah. (Tribunsumsel/M A Fajri)

Inibaru.id – Buka puasa menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan. Nah, karena sudah lama menunggu waktu berbuka, sebagian orang langsung melampiaskan rasa laparnya itu dengan makan sebanyak-banyaknya. Alhasil, mereka malas ikut tarawih karena kekenyangan, Millens.

Inibaru.id punya tips buatmu supaya nggak lemes salat tarawih seusai berbuka puasa nih. Yuk simak tips berikut.

Berbuka dengan yang manis-manis

Kurma. (Kebrunbunga.net)

Kurma. (Kebrunbunga.net)

Nabi Muhammad menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Nah, nyatanya hal itu memang baik untuk kesehatan lo, Millens. Makanan atau minuman manis merupakan sumber kalori yang mudah dan cepat diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energimu yang hilang saat berpuasa. Eits, bukan berarti kamu bisa minum es campur sebaskom ya.

Simpan dulu kolak, cendol, gorengan, dan camilan lainnya

Es Cendol. (Kumparan.com)

Es Cendol. (Kumparan.com)

Aneka makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup biasanya tersedia di meja saat berbuka puasa. Nah, ada baiknya kamu makan sebagian dulu. Jangan makan semua hidangan sekaligus ya karena bisa mengakibatkan kekenyangan dan mengundang rasa kantuk. Kalau sudah ngantuk, akhirnya malas ikut tarawih deh.

Jangan makan makanan yang terlalu pedas

Makanan pedas. (Radarbolmongonline.com)

Makanan pedas. (Radarbolmongonline.com)

Sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Begitu juga dengan level pedas makanan. Kalau makananmu terlalu pedas, dikhawatirkan perutmu bakal mulas dan malah bolak-balik ke kamar mandi. Yah, nggak jadi tarawih dong.

Hindari makan roti

Roti. (Manfaat.co.id)

Karbohidrat yang tinggi dalam roti akan meningkatkan kadar gula darah seketika, tapi juga bisa menurunkannya dengan cepat. Berbuka dengan roti bisa membuat tubuhmu menjadi mudah lemas dan mengantuk saat tarawih. Jadi, usahakan berbuka dengan nasi ya, Millens.

Yap, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba saat berbuka puasa supaya nggak ngantuk atau lemas saat salat tarawih. Selamat mencoba. (IB18/E04)