Tips Bikin Kolase Keren Buat Pemula dari Komunitas Kolasemauku

Tips Bikin Kolase Keren Buat Pemula dari Komunitas Kolasemauku
Komunitas Kolasemauku mengajak pengunjung Pesta Pantai membuat kolase. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bukan sekadar tempel-menempel gambar, kamu tetap butuh "strategi" kalau mau bikin kolase. Nah, Komunitas Kolasemauku punya tips nih buat kamu yang lagi coba-coba membuat kolase.

Inibaru.id - Seni kolase kurang lebih pengertiannya adalah seni menempel. Nggak cuma gambar, berbagai bahan seperti bebatuan, plastik, atau benda-benda padat lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kolase.

Nah, berikut ini langkah-langkah membuat kolase dari Rifqi Ali, penggiat komunitas Kolasemauku.

Tentukan Tema

Tema menentukan bagaimana kolase kamu nanti tercipta. Seperti pengumpulan bahan dan pemotongannya. Rifqi mencontohkan dengan kolase yang pernah dibuat oleh Kolasemauku. Kala itu mereka membuat tema “neraka”, nah kemudian mereka mengumpulkan majalah-majalah Hidayah karena gambar-gambarnya memenuhi kriteria tema tersebut.

Siapkan Alat

Alat untuk membuat kolase kurang lebih digunakan untuk memotong gambar. Nggak susah kok, semua alat ada di sekitarmu. Sebut saja, gunting, cutter, gergaji kecil, dan untuk menempelkannya pasti membutuhkan lem.

Pilih Media

Yang dimaksud media di sini adalah alas yang digunakan untuk menempelkan berbagai macam objek gambar. Media kolase terdiri dari banyak tipe, bisa saja pakai kertas, seperti linen atau concorde. Selain kertas bisa juga menggunakan kaca atau gabus.

Karya Kolase dari Komunitas Kolasemauku. (Inibaru.id/ Audrian F)

Pilih Bahan

Bahan nggak melulu menggunakan kertas bergambar, baik dari potongan koran atau majalah tapi bisa juga menggunakan jenis lain seperti bebatuan, mozaik, plastik, atau busa.

Menempel Secara Bebas

Kamu boleh melihat karya orang lain dan mungkin sedikit mencontohnya. Namun sebaiknya, jika kamu masih pemula nggak perlu terlalu terbuu-buru untuk bisa menguasai teknik kolase tertentu. Cukup dengan menempelkan secara bebas dulu. Lambat laun pasti kemampuanmu akan terasah.

Banyak Eksperimen

Nah, setelah kamu mulai terbiasa dengan aktivitas menempel untuk membuat kolase tersebut, mulailah memberanikan diri untuk melakukan eksperimen. Misalnya kamu menggabungkan antara bahan kertas dengan bebatuan atau kertas dengan bahan-bahan lain. Ingat, kolase nggak hanya terbatas pada gambar-gambar kertas. Tapi juga media apa pun.

Lalu yang terakhir Rifqi juga berpesan agar memperbanyak referensi agar dalam membuat kolase kamu kaya akan ide.

"Bisa lihat di mana saja. Di Instagram pada akun-akun seniman pembuat kolase, Youtube, dan berbagai website. Kalau mau lagi, gabung komunitas Kolase," tutup Rifqi.

Jadi seperti itulah, Millens, tips yang patut kamu perhatikan apabila ingin membuat seni kolase. Yuk, bikin kolase. (Audrian F/E05)