Tips Belanja Baju Lebaran Biar Kantong Nggak Merana

Tips Belanja Baju Lebaran Biar Kantong Nggak Merana
Ilustrasi belanja baju Lebaran. (Moneysmart)

Sudah menjadi tradisi orang Indonesia, Lebaran nggak afdal rasanya jika nggak memakai baju baru. Nah, sebelum kamu pergi berbelanja, berikut tips yang bisa kamu lakukan supaya nggak boros.

Inibaru.id –  Memakai baju baru saat merayakan Lebaran adalah hal yang lazim bagi orang Indonesia. Walau bukan syarat wajib, Lebaran tanpa baju baru rasanya seperti nggak maksimal. Nggak heran, banyak orang berbondong-bondong ke mal untuk berbelanja baju baru menjelang hari raya.

Namun, banyak orang yang malah kalap dan menguras isi dompet hanya untuk belanja baju Lebaran. Padahal, keperluan Lebaran nggak hanya baju baru tapi juga zakat baik zakat mal maupun zakat fitrah. Nah, supaya kantongmu nggak menjerit, berikut tips yang bisa kamu lakukan saat belanja baju Lebaran.

Jangan Terjebak Diskon

Ilustrasi diskon tinggi. (Islamidia)

Menjelang Lebaran, banyak pusat perbelanjaan yang memberikan diskon besar-besaran. Pembeli pasti tergiur dengan diskon itu. Namun, membeli barang diskon bukan berarti kamu akan mendapatkan barang yang murah dan bisa menghemat uang.

Ada banyak barang diskon yang hanya untuk menarik perhatian pembeli saja. Padahal faktanya, baju yang ditawarkan nggak memiliki kualitas yang baik alias barang lama. Jadi, kamu perlu hati-hati dengan aneka embel-embel diskon tinggi ya, Millens.

Pertimbangkan Kebutuhan dan Kemampuanmu

Ilustrasi vocher belanja. (Mediakonsumen)

Sebelum membeli produk pakaian, pastikan kamu memang membutuhkan barang itu. Ada baiknya juga kamu membeli baju Lebaran yang bisa kamu pakai lagi di momen selain Lebaran. Selain itu, kamu juga mesti memperhatikan kondisi keuangan yang ada. Kalau uangmu nggak mencukupi, jangan paksakan untuk belanja baju. Kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan voucer atau tawaran cashback dari dana bank atau tabunganmu. Lumayan, kan?

Cobalah Berbelanja ke Pasar Tradisional

Belanja baju Lebaran di pasar tradisional. (Kompas/Cahyu Cantika)

Nggak ada salahnya berbelanja baju di pasar tradisional. Meski kualitasnya tergolong menengah ke bawah, tapi dari segi harga pasti tergolong murah. Kamu boleh melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Nggak semua baju murah itu murahan, kok. Eits, tapi kamu mesti pintar menawar bila membeli baju di pasar.

Jangan Terburu-buru

Ilustrasi memilih-milih baju. (Shutterstock)

Jangan terburu-buru membeli baju baru hanya karena kamu bosan dengan baju lama yang masih bagus. Kamu bisa melihat-lihat lebih dahulu sambil memikirkan apakah kamu memang perlu membeli baju baru atau tidak. Dengan begini, kamu nggak akan menyesal setelah membelinya.

Mix and Match Baju Lama

Ilustrasi Mix and Match baju lama. (carakitaberhijab.blogspot)

Lebaran nggak melulu mengenakan baju baru, kok. Kalau kamu punya baju lama yang kualitasnya masih bagus, kenapa nggak digunakan saja? Nggak hanya baju, sepatu, kerudung, celana, bahkan tas lama bisa kamu gunakan kembali. Ada banyak referensi tentang fashion hack yang bisa kamu lihat di internet. 

Nah, itulah beberapa tips buatmu yang hendak berbelanja baju baru untuk Lebaran. Oh iya, tentukan bujet dulu ya sebelum berbelanja biar kantongmu nggak tercekik. He-he. (IB07/E04)