Tips Aman Meninggalkan Mobil Saat Mudik

Tips Aman Meninggalkan Mobil Saat Mudik
Ilustrasi: Mobil ditinggal mudik. (orami.co.id)

Karena jarak yang sangat jauh, banyak orang memilih untuk meninggalkan mobil di rumah saat mudik. Nah, biar aman, lakukan hal ini sebelum berangkat, ya?

Inibaru.id – Sebagian orang memilih mudik dengan mobil. Namun, banyak pula yang memilih untuk meninggalkannya di rumah saja saat mudik. Biasanya sih, karena jarak rumah untuk mudik sangat jauh.

Banyak yang memilih untuk meninggalkan mobil dan kendaraan lain di rumah. Mereka memilih untuk memakai pesawat terbang saja yang lebih praktis, hemat, dan tidak menghabiskan waktu dan tenaga.

Kalau kamu harus meninggalkan mobil di rumah saat mudik, pastikan melakukan hal ini agar kondisi mobilmu aman ya?

Sebaiknya Kabel Aki Dicabut Saja

Jika nggak ada orang di rumah yang bisa dimintai tolong untuk memanaskan mobil saat nggak dipakai dalam waktu lama, sebaiknya kamu mencabut saja kabel akinya dan kemudian menyimpannya di tempat yang aman.

Kalau kabel aki terus terpasang dan mobil nggak dinyalakan sama sekali dalam waktu lama karena Anda harus pulang mudik, tentu aki lebih berisiko mengalami kerusakan. Dikhawatirkan, begitu Anda sudah balik dan menyalakan lagi mobil, kelistrikannya bakal bermasalah dan akhirnya mobil nggak bisa jalan.

Keuntungan lain dari mencabut kabel aki adalah mencegah aksi pencurian mobil Anda tatkala rumah kosong karena ditinggal mudik.

Sebelum ditinggal mudik, harus dirawat dulu. (melodyleroy)
Sebelum ditinggal mudik, harus dirawat dulu. (melodyleroy)

Rem Tangan Sebaiknya Nggak Dipasang

Rem tangan memang perlu dipasang agar mobil nggak bergerak di medan dengan kemiringan tertentu. Namun, saat Anda meninggalkannya untuk mudik, sebaiknya rem ini nggak dipasang. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan penahan roda seperti batu atau kayu di depan roda agar mobil nggak mudah melaju sendiri saat ditinggal.

Jika ada kondisi darurat yang membutuhkan mobil Anda segera digeser, tetangga atau kerabat bisa segera menggesernya tanpa kesulitan. Ingat, kamu nggak ada di rumah, lo.

Cuci Dulu Mobil Sebelum Ditinggal Mudik

Mencuci mobil dengan bersih, termasuk bagian dalamnya mencegah tumbuhnya karat dan jamur pada mobil. Selain itu, jangan lupa untuk memanaskan mesinnya sebentar sebelum ditinggal mudik agar seluruh komponen mesin terlumasi dengan baik.

Selain itu, tingkat kelembapan mesin bisa berkurang sehingga oli mesin nggak bakal mudah membusuk, deh. Jika perlu, jalankan mobil sebentar di sekitar kompleks agar sisa air cucian bisa menghilang ya?

Wiper Diganjal Busa

Daripada mengering dan akhirnya nggak bisa menyapu air hujan dengan baik karena terlalu lama nggak terpakai, ganjal wiper dengan busa saat mobil Anda tinggalkan untuk mudik. Apalagi jika garasi di rumahmu tertutup rapat sehingga kondisinya bisa membuat wiper jadi lebih keras dan aus.

Jadi, sudah siap meninggalkan mobil untuk mudik, Millens? (Idn/IB09/E05)