Tips Agar Sepeda Motor Makin Irit BBM, Apa Saja?

Tips Agar Sepeda Motor Makin Irit BBM, Apa Saja?
Ilustrasi: Tips sepeda motor makin irit BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ada sejumlah cara agar sepeda motor makin irit BBM. Kalau kamu menerapkannya, tentu kamu bisa makin berhemat, bukan? Apa saja sih yang perlu kamu lakukan?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak senang kalau sepeda motor makin irit BBM? Hal ini tentu bakal membantumu berhemat. Masalahnya, karena cara menggunakan sepeda motor yang nggak tepat, bisa jadi sepeda motormu malah boros BBM.

Nah, biar nggak makin bingung gimana cara agar sepeda motor makin irit BBM, langsung saja yuk simak apa saja yang perlu kamu lakukan.

1.       Motor Harus Dalam Kondisi Prima

Eh, ini nggak main-main, lo, Millens. Semakin prima kondisi sepeda motormu, semakin besar kemungkinan sepeda motormu irit BBM. Karena alasan inilah, kamu harus sering melakukan servis alias perawatan secara berkala. Dengan rutin melakukannya, oli akan terus berada dalam kondisi terbaik. Filter udara juga dalam kondisi bersih sehingga membuat tarikan motor paling prima dan akhirnya membuat konsumsi BBM paling irit.

Selain itu, sebaiknya kamu juga memastikan tekanan angin di ban dalam kondisi pas. Kalau kurang, motor akan terasa jauh lebih berat dan akhirnya konsumsi BBM pun jadi lebih boros, deh.

2.       Gaya Berkendaramu Harus Diperhatikan

Gaya berkendara dan kondisi sepeda motor sangat mempengaruhi konsumsi BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Gaya berkendara dan kondisi sepeda motor sangat mempengaruhi konsumsi BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu terbiasa berkendara dengan agresif seperti mudah melakukan akselerasi dengan cepat, sepeda motormu bakal cenderung lebih boros. Sebaliknya, kalau kamu berkendara dengan halus seperti membuka gas dengan pelan dan memastikan kecepatan kendaraanmu stabil, maka penggunaan BBM sepeda motor bakal lebih irit.

Hal ini disebabkan oleh lebih optimalnya kinerja mesin, bukannya disibukkan dengan perubahan akselerasi yang membuat putaran mesin pun terus berubah, ubah, Millens. Jadi, nggak ada salahnya kok santai namun irit BBM. Toh, biasanya sampainya nggak jauh beda dengan yang berkendara dengan agresif.

3.       Perhatikan Barang Bawaanmu

Kalau kamu terbiasa membawa barang cukup banyak di sepeda motor, otomatis beban yang dibawa sepeda motormu lebih besar. Dampaknya, tarikan sepeda motor lebih berat dan akhirnya membuat konsumsi BBM-nya pun jadi lebih boros.

Kalau memang nggak perlu-perlu banget, nggak usah bawa barang terlalu banyak di sepeda motor, ya. Jangan sampai overload juga. Hal ini bisa membahayakanmu saat berkendara karena kamu bakal lebih sulit bermanuver. Bisa jadi, kamu malah kehilangan keseimbangan dan akhirnya jatuh.

Dari berbagai tips sepeda motor agar irit BBM di atas, mana yang bakal kamu coba, Millens? Atau, kamu malah mau coba semuanya, nih?(Det/IB09/E05)