Tips Agar Semangatmu Tetap Terjaga Saat Berpuasa

Millens, ada beberapa hal yang kamu perhatikan saat berpuasa agar nggak cepat lelah dan lemas. Cek ulasan berikut ini ya.

Tips Agar Semangatmu Tetap Terjaga Saat Berpuasa
Olahraga ringan saat puasa. (Hellosehat.com)

Inibaru.id – Cepat lelah, lemas, dan ngantuk adalah kondisi yang dirasakan sebagian orang saat berpuasa. Hal ini membuat mereka malas untuk melakukan aktivitas seperti hari-hari biasanya. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kamu nggak pengin merasakan kondisi tersebut saat berpuasa.

Cermati.com, Selasa (30/5/2017), menulis, Dokter Spesialis Gizi Klinik Samuel Oetoro mengungkapkan kebanyakan orang cepat lemas saat berpuasa karena jumlah kadar gula dalam tubuhnya yang semakin lama semakin berkurang. Hal ini utamanya dipengaruhi pemilihan makanan yang nggak tepat ketika sahur.

Nggak hanya itu, perubahan pola makan yang drastis selama 12 jam juga mengharuskan tubuh beradaptasi dengan pola makan baru. Kondisi cepat lemas dan lelah itu juga dipengaruhi waktu istirahat dan jumlah konsumsi air minum yang nggak sesuai, Millens.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar nggak merasa cepat lelah dan lemas. Berikut ulasannya.

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Makan sahur. (Arwini.com)

Selain dianjurkan karena terdapat manfaat dan keberkahan besar di dalamnya, makan sahur juga penting untuk menjaga kebutuhan energimu selama bepuasa. Eits, tapi kamu juga mesti memperhatikan sajian menu sahur ya.

Saat sahur, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat supaya kamu merasa kenyang lebih lama. Sertakan juga makanan yang mengandung protein untuk menambah kecukupan energi.

Selain itu, imbangilah makananmu dengan makanan yang memiliki serat seperti buah dan sayuran untuk membantu kerja sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat ini juga akan membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap pada tubuh, sehingga efek kenyang lebih lama dan hasilnya energimu nggak mudah berkurang.

Kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin saat sahur. Multivitamin itu bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit.

Penuhi Kebutuhan Cairan di Malam Hari

Minum air yang banyak di malam hari. (Halobunda.com)

Ketika berpuasa, mengatur pola makan menjadi hal yang penting. Namun, kebutuhan cairan tubuh juga harus terpenuhi dengan baik, Millens. Minumlah sekitar 8-12 gelas air putih setiap hari. Saat puasa, cukupi kebutuhan minum itu pada waktu berbuka hingga menjelang sahur. Jangan sampai kamu merasa dehidrasi berat ketika puasa.

Perhatikan Pola Tidur

Tidur yang cukup. (Metrotvnews.com)

Ketika puasa, tubuh akan mudah lelah. Kondisi itu jangan diperparah dengan pola tidur yang buruk. Tidurlah dengan cukup. Jangan sampaikamu kurang tidur. Bila kamu kurang tidur, saat berpuasa tubuhmu akan semakin letih, lemas, dan lesu. Kamu juga bisa kehilangan konsentrasi saat beraktivitas. Jadi, perhatikan pola tidurmu ya, Millens.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan. (Hellosehat.com)

Berpuasa bukan berarti nggak olahraga ya, Millens. Kamu tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam lantai supaya tubuhmu lebih fit dan bugar. Eits, tapi kamu juga harus menyesuaikan kemampuan tubuhmu saat berolahraga ya.

Niat


Niat puasa. (Online-nu.blogspot.com)

Jangan lupa luruskan niatmu saat berpuasa. JNiatkan puasamu untuk beribadah agar kamu nggak merasa berat saat menjalaninya.

Yap, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu nggak mudah lelah dan lemas saat berpuasa. Terus semangat dan tetap jaga kesehatan ya, Millens. (IB07/E04)