Tips Atasi Canggung Saat Reunian

Tips Atasi Canggung Saat Reunian
Ilustrasi bertemu teman lama saat reunian. (Shutterstock.com)

Saat Lebaran, undangan reuni biasanya berdatangan. Agar nggak canggung saat reuni, coba ikuti tips ini!

Inibaru.id – Ketemu teman lama saat reunian memang bisa jadi momen yang menyenangkan ya, Millens. Namun, saking lamanya nggak bertemu, rasa canggung biasanya menghampiri. Alhasil, obrolan dengan temanmu terasa nggak nyaman.

Berikut ini ada tips buat kamu yang pengin datang ke acara reuni tapi nggak pengin situasi jadi canggung alias awkward. Yuk simak!

Aktif di Grup Chat Sebelum Hari Pelaksanaan Reuni

Pada zaman yang serbacanggih seperti saat ini, semua hal bisa terhubung melalui internet. Silaturahmi dengan teman lama salah satunya. Mereka biasanya membuat sebuah grup obrolan di media sosial.

Nah, ada baiknya kamu aktif nimbrung di grup obrolan itu sebelum ikut reuni, Millens. Kamu bisa menanyakan kabar atau membahas acara reuni. Cara ini bisa menjadi langkah awal untuk membuka kembali komunikasi yang sempat terputus.

Persiapkan Bahan Obrolan

Kalau sudah bertemu mau membahas apa ya? Wah, harus dipikirkan dari sekarang nih. Hal yang paling penting yakni jangan takut untuk memulai pembicaraan, Millens.

Tersenyum dan Menyapa Lebih Dahulu

Saat reuni, jangan ragu untuk menyapa duluan ya. Ada baiknya juga kamu tersenyum dengan temanmu yang hadir dalam reuni. Ini bisa mencairkan suasana reuni dan membuat hubunganmu dengan teman lama bisa hangat kembali. Eits, tapi jangan senyum terus ke semua peserta yang hadir ya. Nanti kamu malah dikira terkena gangguan jiwa. Ha-ha

Buka Obrolan dengan Topik yang Netral

Sudah lulus belum? Kapan nikah? Sudah punya anak berapa? Sekarang kerja di mana? Gajimu berapa?

Hm, pertanyaan itu sebaiknya kamu hindari saat memulai obrolan, Millens. Lebih baik kamu memulai obrolan dengan menanyakan kabar atau nostalgia masa-masa sekolah. Ingat ya, hindari pertanyaan-pertanyaan sensitif yang bisa membuat temanmu nggak nyaman.

Memesan Makanan dan Minuman

Kalau sudah kehabisan topik pembicaraan, memesan makanan menjadi solusi terbaik untuk keluar dari awkward moment kamu. Jadi, kalau obrolan kamu lagi buntu, kamu bisa pura-pura sibuk dengan makananmu. Malah, kalau buntu banget, makanan yang kamu santap juga bisa jadi topik pembahasan yang menarik, lo.

Nostalgia

Menceritakan hal-hal kocak ketika sekolah bisa jadi momen yang paling seru, Millens. Kamu bisa mengobrol tentang kebiasaan unik atau kejadian lucu saat sekolah. Eits, tapi jangan mengungkit hal-hal memalukan yang bisa membuat mood temanmu hancur ya.

Selamat reuni, Millens. Have fun! (IB07/E04)