Bila Mobilmu Bermasalah Usai Mudik, Ajukan Klaim Asuransi saja

Bila Mobilmu Bermasalah Usai Mudik, Ajukan Klaim Asuransi saja
Tips mengklaim asuransi mobil usai mudik. (Grupotgl)

Dipakai dalam perjalanan panjang saat mudik, beberapa kendaraan biasanya mengalami masalah. Kalau kendaraanmu didaftarkan pada asuransi, klaim saja masalah itu dengan cara-cara ini.

Inibaru.id – Nggak hanya asuransi kesehatan, asuransi kendaraan juga dinilai perlu. Asuransi itu sangat berguna bila satu saat terjadi hal yang diinginkan pada kendaraanmu. Salah satu contohnya yakni banyak kendaraan yang mengalami berbagai masalah usai digunakan mudik dengan menemuh jarak jauh.

Business Development Division Head Adira Insurance Tanny Megah Lestari mengatakan setiap tahun usai mudik Lebaran terjadi peningkatan klaim asuransi mobil. Ada kemungkinan mobil banyak mengalami masalah selama dipakai perjalanan mudik.

"Namun, jika melihat angka kecelakaan yang terjadi selama mudik yang semakin menurun, kami pun juga optimis klaim asuransi mobil pascamudik tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Infrastruktur jalan yang digunakan untuk mudik tahun ini juga jauh lebih baik," kata Tanny seperti ditulis laman Detik, Rabu (12/6/2019).

Kendati begitu, bila mobil mengalami masalah yang cukup parah, segeralah mengklaim asuransi kendaraan yang kamu miliki. Sebelum pengajuanmu disetujui, perusahaan asuransi akan memeriksa validitas dari polis terlebih dahulu. Jika polis memenuhi syarat verifikasi dan klaim yang diajukan juga sesuai dengan isi polis, perusahaan asuransi pasti akan membayar klaim tersebut.

Supaya klaim asuransi kendaraan berjalan lancar dan disetujui, Tanny punya beberapa tips. Pertama, pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis, seperti telat melapor klaim dari batas waktu, pengemudi nggak memiliki SIM, klaim yang dilaporkan nggak terjamin dalam polis, atau klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.

Kedua, pelanggan harus melengkapi dokumen untuk klaim meliputi formulir yang diisi lengkap, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, dan surat keterangan dari kepolisian.

Selain syarat wajib tersebut, pastikan kendaraanmu nggak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum. Jangan lupa juga untuk memperhatikan wilayah pertanggungan, apakah sesuai dengan isi polis atau tidak.

Agar klaim asuransi diterima, jangan pernah membuat kerusakan kendaraan dengan disengaja. Bila mengalami kerusakan karena kecelakaan, berikan bukti dengan cara mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraanmu setelah kecelakaan terjadi.

Sebelum itu, baik pelanggan maupun perusahaan asuransi harus sudah sepakat terlebih dahulu mengenai penutupan. Perusahaan sudah memberikan informasi sejelas-jelasnya dan pelanggan juga harus memahami pasti isi dari polis tersebut. Selain kesepakatan tersebut, perusahaan asuransi semestinya memberikan kemudahan pelanggan yang ingin melakukan klaim.

Kalau kendaraanmu mengalami kerusakan yag cukup parah, segera klaim asuransimu ya, Millens. Eits, tapi pastikan kendaraanmu sudah terdaftar asuransi, ya. Ha-ha. (IB07/E04)