Hadapi Olimpiade Tokyo 2020, Menpora Tambah Anggaran untuk Atlet pada 2019

Hadapi Olimpiade Tokyo 2020, Menpora Tambah Anggaran untuk Atlet pada 2019
Menpora Imam Nahrawi tambah anggaran untuk atlet pada 2019. (Instagram.com/Nahrawi_imam)

Menuju Olimpiade 2020, Kemenpora akan lebih fokus memperhatikan performa atlet. Salah satu cara yang ditempuh yakni menambah anggaran untuk atlet pada tahun depan.

Inibaru.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berencana menaikkan anggaran untuk atlet dari seluruh cabang olahraga pada 2019. Hal ini dilakukan lantaran Imam ingin meningkatkan performa sekaligus prestasi para atlet menghadapi Olimpiade Tokyo 2020.

Imam mengatakan pengin para atlet banyak mengikuti latihan dan kompetisi internasional agar mental dan pengalaman mereka meningkat. Mengingat Indonesia mampu meraih 31 emas pada Asian Games 2018 lalu, lelaki asal Bangkalan, Jawa Timur itu juga berharap para atlet mampu mempertahankan prestasi negara di kompetisi lain.

“Semakin mereka (para atlet) sering bertanding dengan atlet dunia, semakin diasah pula mentalnya. Ini tantangan juga bagi federasi cabang olahraga untuk membuat perencanaan yang baik. Tidak cukup hanya pelatnas dalam negeri. Mereka juga perlu sering dikirim ke luar negeri seperti kejuaraan tingkat Asia atau Dunia,” tutur Imam di rumah dinas Menpora, menukil dari Metrotvnews.com, Rabu (3/10/2018).

Olahraga ekstrem seperti BMX freestyle, aggressive inline, freestyle football, freestyle basketball, Bboy, skateboard, dan wall climbing adalah cabor yang menjadi fokusnya. Menurut Imam, cabor-cabor tersebut telah menyumbang banyak prestasi.

“Perlu diketahui, dari extreme sport ini telah banyak mengantarkan juara. Kemarin di Asian Games, skateboard kita bisa meraih medali perunggu, nanti di Jepang pada 2020 kita pastikan akan ikut serta. Kemarin saya dengar cuma dikasih Rp 1 miliar atau enggak sampai 2 miliar. Tolong ya mulai tahun depan pak deputi ditambah lagi anggarannya,” tambah Imam beberapa waktu lalu ketika menghadiri Indonesia Open X-Sports Championship di Tangerang.

Jika rencana ini benar-benar terealisasi tahun depan, tentu bakal menjadi angin sejuk bagi para atlet. Selain ditopang anggaran yang lebih besar, kamu juga sebaiknya nggak berhenti mendukung perjuangan mereka ya, Millens. Siap-siap berteriak "Siapa kita? Indonesia!" (IB15/E04)