Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemkot Semarang Jalin Kerja Sama dengan Pemkot Brisbane

Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemkot Semarang Jalin Kerja Sama dengan Pemkot Brisbane
Walikota Semarang Hendrar Prihadi berpose bersama Walikota Brisbane Graham Quirk. (Viva.co.id)

Untuk meningkatkan kompetensi SDM, Pemkot Semarang melalui Wali Kota Hendrar Prihadi baru saja menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Brisbane. Melalui kerja sama ini, Hendi berharap masyarakat dapat aktif berpartisipasi dalam membangun kota.

Inibaru.id – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wali Kota Brisbane Graham Quirk resmi melakukan penandatanganan kerja sama dalam berbagai bidang pada Minggu, (26/8/2018). Penandatangan yang dilaksanakan di Kantor Balai Kota Brisbane, Australia itu turut pula dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Semarang dan Pemkot Brisbane.

Ada banyak aspek yang pengin ditingkatkan kedua belah pihak dari kerja sama tersebut. Salah satu aspek yang pengin ditingkatkan yakni kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Menurut lelaki yang akrab disapa Hendi itu, Brisbane dipilih lantaran kota ini menjadi salah satu kota pendidikan terbaik di Australia.

Selain memiliki pendidikan yang baik, biaya hidup yang relatif murah juga bakal mendorong generasi muda Semarang untuk menimba ilmu di ibu kota Negara Bagian Queensland tersebut.

“Saya rasa bila dibandingkan dengan kota-kota pendidikan terbaik lainnya di dunia, Brisbane menawarkan biaya hidup sehari-hari yang relatif paling murah,” ujar Hendi.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wali Kota Brisbane Graham Quirk menandatangani kerja sama. (Rmoljateng.com)

Yap, Kota Brisbane memang salah satu kota unggulan di Australia dalam bidang pendidikan. Kota ini menjadi rumah bagi universitas terbaik keempat di Australia dan terbaik ke-37 di dunia versi QS World University Rankings 2017 yakni University of Queensland. Selain unggul dalam bidang pendidikan, Kota Brisbane juga berhasil meraih penghargaan sebagai Most Sustainable City (Kota dengan Pembangunan Berkelanjutan Terbaik) pada 2014 dan 2016 dari Pemerintah Australia.

Dengan pencapaian Kota Brisbane itu, Hendi mengharapkan ikatan kerja sama ini bisa mendorong SDM Kota Semarang dalam menjalankan konsep bergerak bersama untuk pembangunan.

Ke depan, Politikus PDI Perjuangan ini juga pengin menjalin kerja sama dengan Pemkot Brisbane di bidang lain.

“Hari ini kami capai kesepakatan dulu agar Brisbane lebih membuka diri untuk berbagi pengetahuan, selanjutnya akan ditajamkan kembali, apakah itu terkait kemudahan visa, apakah itu terkait fasilitas khusus untuk pelajar dari Kota Semarang, atau yang lainnya, akan dibicarakan lebih lanjut secara detail,” seperti ditulis Tribunnews.com, Minggu (26/8).

Semoga tujuan kerja sama ini bisa benar-benar terwujud ya, Millens. (IB15/E04)