Tingkatkan Kesehatan Mentalmu dengan Cara Ini

Tingkatkan Kesehatan Mentalmu dengan Cara Ini
Ilustrasi kesehatan mental. (Smallcaps)

Nggak cuma kesehatan fisik yang perlu diperhatikan, kesehatan mental justru butuh perhatian lebih. Nah, cobalah cara berikut untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mentalmu.

Inibaru.id – Kesehatan mental sering diabaikan karena orang cenderung mengurusi kesehatan fisiknya. Padahal, kesehatan mental juga memiliki peran yang besar dalam keberlangsungan hidupmu. Semua tentang perasaan dan pikiran diciptakan dari mentalmu.

Atas alasan ini, mental harus dijaga supaya tetap sehat. Tambah syukur bila bisa kamu tingkatkan. Cara meningkatkan dan menjaga kesehatan mental sebenarnya nggak sulit, kok. Kamu bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana yang mudah dilakukan setiap hari.

Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Ilustrasi berpikir positif. (Success Consciousness)

Membangun hal yang positif dalam diri sendiri akan membawa kebaikan. Ini bisa dimulai dengan memberikan ucapan-ucapan positif untuk dirimu sendiri, misalnya mengucapkan “Hari ini aku terlihat cantik” ketika bercermin di pagi hari. Itu akan membuatmu lebih semangat menjalani hari. Tanpa sadar, satu hal positif juga akan menarik hal-hal positif lainnya yang akan membuatmu terus berpikir positif. Eits, tapi jangan overconfident ya!

Tersenyum dan Menyapa Orang Lebih Dulu

Ilustrasi menyapa orang lain. (Japanesestation)

Meski terdengar biasa, senyuman selalu dapat mengubah dunia. Nggak cuma untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Senyum adalah hal positif yang menular. Ketika kamu tersenyum kepada orang lain, aura positif akan keluar dan menular ke orang lain sehingga mereka balik tersenyum padamu. Tersenyumlah secara tulus dari dalam hati dan tambahkan sapaan. Jika respons orang lain negatif, nggak usah dipedulikan. Tetaplah menjadi orang yang positif.  

Istirahat yang Cukup dan Lakukan Olahraga

Ilustrasi olahraga. (iStockphoto)

Istirahat dan olahraga nggak cuma baik untuk tubuhmu tapi juga mental. Tubuh yang lelah akan mempengaruhi perasaan seseorang. Kamu akan lebih baperan, sensitif, dan badmood ketika nggak cukup istirahat. Kamu juga bakal merasa malas gerak kalau kurang olahraga. Nah, maka dari itu, seimbangkan kedua hal ini dalam kehidupanmu sehari-hari, ya. Selain itu, konsumsilah makanan yang bergizi.

Bersenang-senang

 

Ilustrasi jalan-jalan dengan sahabat. (Akspic)

Bersenang-senang dalam hal ini adalah memberikan hiburan untuk dirimu sendiri. Hal ini bisa berwujud makan-makanan yang enak, nonton film favorit, melakukan hobi yang positif, bermain gim, jalan-jalan, atau melakukan sesuatu yang kamu sukai. Satu hal yang penting, kamu sebaiknya melakukan hal ini dengan senang sehingga rasa penat yang ada dalam dirimu hilang.

Bersyukur

 

Ilustrasi bersyukur. (iStockphoto)

Bersyukur juga menjadi salah satu cara agar kamu dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Bersyukur dapat mempengaruhi perasaan menjadi bahagia. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur adalah menuliskannya setiap hari. Paling tidak beban dalam hidup yang kamu rasakan bisa sedikit berkurang karena rasa syukur ini. Bersyukurlah karena telah diberikan hidup, bersyukur bisa pergi bekerja, bersyukur bisa pergi ke sekolah, dan lain-lain. Percaya deh, kamu bakal bahagia.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan merasakan beberapa efek seperti suasana hati yang membaik, ketenangan, dan membantumu dalam menikmati hidup secara keseluruhan. Selamat mencoba, Millens. (IB07/E04)