Pengin Tarik Lebih Banyak Pemilih, TPS-TPS Ini Usung Konsep Unik

Pengin Tarik Lebih Banyak Pemilih, TPS-TPS Ini Usung Konsep Unik
Salah seorang petugas TPS berkostum wayang. (Tagar/Padhang Pranoto)

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, berbagai cara dilakukan para petugas TPS. Ada yang berdandan khusus hingga mendekorasi TPS seunik mungkin supaya pemilih menyalurkan hak pilihnya.

Inibaru.id – Pesta demokrasi seakan menjadi Hari Raya bagi seluruh warga Indonesia. Setelah TPS-TPS di luar negeri yang didekor sedemikian rupa, TPS-TPS di dalam negeri pun nggak mau ketinggalan. Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan Pemilu 2019 ini seperti menghias Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga petugas TPS yang mengenakan kostum-kostum tertentu.

Berikut rangkuman beberapa TPS unik di Indonesia. Simak, yuk!

Petugas TPS Berkostum Wayang

Petugas TPS berdandan seperti wayang. (Tagar/Padhang Pranoto)

Di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, petugas KPPS di lima TPS berdandan layaknya tokoh pewayangan. Mereka berdandan menjadi Gareng, Petruk, Bagong, dan Srikandi seperti ditulis laman Tagar, Rabu (17/4/2019).

Pra petugas ini memang sengaja menyewa kostum wayang lengkap dengan dandanannya. Cara kreatif itu terbukti sukses menarik pemilih lebih banyak, lo.

Tiga Pakaian Adat dalam Satu TPS

Petugas TPS dalam balutan tiga kostum khas. (Detik)

Keragaman Indonesia tergambar di TPS Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Petugas di TPS tersebut melayani pemilih dalam balutan kostum tiga etnis yang berbeda yakni Minang, India, dan Tionghoa.

Ketiga kostum itu dipilih karena etnis-etnis itulah yang mendominasi wilayah tersebut. Di wilayah itu, sebanyak 60 persen warga beretnis Tionghoa, 30 persen warga etnis Minangkabau, dan 10 persen warga etnis India.

 “Koboi” di TPS Makassar

Petugas TPS berkostum koboi. (Detik)

TPS unik juga ditemukan di Kelurahan Malimongan Tua, Kecamatan Wajo, Kota Makassar. Seluruh petugas TPS di sana berdandan laiknya koboi dengan topi dan kemeja khas.

"Semata-mata untuk menambah suasana sedikit happy, fokus, dan meningkatkan partisipasi supaya masyarakat mau datang," jelas Sofyan, salah seorang petugas TPS Malimongan Tua seperti ditulis laman Detik, Rabu (17/4/2019).

TPS Bernuansa Pesta Pernikahan

Dekorasi TPS bernuansa pesta pernikahan. (iNews/Donny Marendra)

TPS 09 RT 02 RW 04, Kelurahan Sambirejo, Kota Semarang juga tampak unik. TPS itu didekor mewah laiknya sebuah pesta pernikahan. Nggak hanya dekorasinya, para pemilih yang hadir pun dijamu dengan makanan dan minuman. Benar-benar seperti sedang hadir ke sebuah pesta. Hm, jadinya pesta pernikahan atau pesta demokrasi nih? Ha-ha!

Wah, kalau TPS dan petugasnya menarik seperti itu, rasanya jadi malas untuk golput ya. TPS di wilayahmu unik juga nggak, Millens? (IB10/E04)