Timnas U-16 Indonesia Akhiri Puasa Juara di Piala AFF

Timnas U-16 Indonesia akhirnya menggondol gelar juara Piala AFF U-16. Piala ini sekaligus mengakhiri puasa juara sejak timnas U-19 memenangkan ajang serupa pada 2013 lalu.

Timnas U-16 Indonesia Akhiri Puasa Juara di Piala AFF
Timnas Indonesia juarai Piala AFF U-16 2018. (Jawapos.com/Dipta Wahyu)

Inibaru.id - Indonesia berhasil menekuk lutut Thailand lewat adu penalti pada final Piala AFF U-16, Sabtu (11/8/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dengan skor 4-3 (1-1). Dengan keunggulan itu, Indonesia berhak angkat piala AFF U-16 tahun ini. Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri puasa gelar sejak timnas U-19 memenangi kompetisi yang sama pada 2013 silam.

Di babak pertama, Indonesia sudah menampilkan permainan ofensif. Serangan demi serangan dibangun untuk membobol gawang Thailand. Namun, Bagus dkk belum bisa memasukkan bola ke gawang lawan.

Angin segar kemudian berembus setelah sontekan Fajar Faturochman menjeblos gawang yang dijaga Anuchid Taweesri pada menit ke-33. Pemain yang baru masuk itu memanfaatkan umpan panjang dari Andre Oktaviansyah untuk mencetak poin untuk Indonesia. Hingga babak pertama berakhir, Indonesia masih memimpin

Pada babak kedua, Thailand bangkit dengan melakukan tekanan ke pemain Indonesia. Thailand kemudian menyamakan kedudukan dengan gol yang dicetak Apidet Janngam pada menit ke-72. Setelah kebobolan, anak asuh Fakhri Husaini semakin menjadi-jadi. Mereka menciptakan tekanan-tekanan ke pemain lawan. Sayang, hingga pertandingan berakhir, mereka masih belum bisa menambah poin.

Adu penalti pun nggak bisa terelakkan. Saat adu penalti, pemain Thailand mendapatkan giliran pertama, sedangkan Indonesia hanya membuntut setelahnya.

Sepakan pertama dan kedua lancar dimasukkan pemain Thailand ke gawang yang dijaga Ernando Ari. Namun, pada sepakan ketiga Ernando bisa mementahkan tendangan lawan. Aksi penyelamatan yang ditunjukkan Ernando kembali terulang pada sepakan kelima. Penyelamatan itu sekaligus mengantarkan Indonesia ke naik ke podium juara Piala AFF U-16 2018. Kiper kelahiran Semarang itu pun menjadi bintang pada pertandingan kali ini.

Yey, selamat timnas U-16! Selamat datang para generasi juara. (IB05/E04)