Bertemu Malaysia di Semifinal, Bisakah Timnas U-16 Indonesia Menang?

Tim Nasional Indonesia U-16 dipastikan berhadapan dengan Malaysia U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 pada Kamis (9/8/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Akankah timnas U-16 membalaskan dend

Bertemu Malaysia di Semifinal, Bisakah Timnas U-16 Indonesia Menang?
Perayaan gol timnas Indonesia atas Filipina di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu (29/7/2018). (Antara Foto/Zabur Karuru)

Inibaru.id – Tim nasional U-16 Indonesia dipastikan melawan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 pada Kamis (9/8/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Kepastian ini didapat setelah Malaysia menjadi runner up grup B lantaran memukul mundur Laos pada Selasa (7/8).

Pertandingan semifinal yang mempertemukan dua negara bertetangga itu digadang-gadang bakal ramai. Seolah ada pertaruhan "harga diri" bila kedua negara ini dipertemukan dalam satu pertandingan. Yap, apalagi beberapa waktu lalu timnas U-19 Indonesia juga dikalahkan Malaysia lewat adu penalti pada semifinal Piala AFF U-19.

Ini merupakan kali ketiga timnas U-16 Indonesia bertemu dengan Malaysia di Piala AFF. Pada 2002, timnas U-16 Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 pada perebutan posisi ketiga Piala AFF.

Sebelas tahun berselang, Indonesia dan Malaysia kembali dipertemukan dalam satu lapangan hijau. Saat itu, Indonesia berada di grup yang sama dengan Malaysia. Pada pertandingan itu, Indonesia menahan imbang Malaysia dengan skor 1-1 tapi timnas U-16 kalah adu penalti sehingga pertandingan berakhir dengan skor 3-2.

Pada babak grup Piala AFF U-16 2018, Indonesia tampil cemerlang di grup A. Bagus Kahfi dkk sudah menyarangkan 21 gol ke gawang lawan selama babak grup dan baru kebobolan tiga gol. Sementara itu, Malaysia hanya mencetak 12 gol selama bertanding di grup B.

Bertanding di negara sendiri dengan animo masyarakat yang tinggi, timnas U-16 pasti merasakan tekanan dari pelbagai pihak. Namun, semoga saja tekanan itu nggak mempengaruhi psikologi anak asuh Fakhri Husaini sehingga bisa tampil maksimal dan mencuri tiket final ya, Millens. (MG12/E04)