Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018 Masih Tersedia

Tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2018 masih tersedia sebanyak 38 persen untuk keberangkatan H-4 Lebaran. Tersedia juga tiket gratis dengan cara mendaftar di website resmi PT KAI.

Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018 Masih Tersedia
Tiket kereta api. (Detik.com/Hasan Alhabshy)

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melaporkan tiket kereta untuk mudik Lebaran 2018 masih tersedia. Namun, pemesanan tiket kereta tersebut hanya dapat dilakukan untuk keberangkatan sebelum H-4 Lebaran.

"Tiket kereta H-1 sampai H-4 sudah habis untuk semua jurusan. Tapi H-5 sampai H-10 masih ada sekitar 38 persen lagi," ujar PYMT Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI Apriyono Wedi Chresnanto seusai membuka Ramadhan Market on Station di Bandung, Senin (28/5/2018), seperti ditulis Kompas.com, Senin (28/5).

Dia juga menyarankan penumpang agar mudik lebih awal mengingat libur Lebaran tahun ini lebih panjang.

"Saran kami kepada para penumpang, pulanglah dari H-10 atau H-9," ungkapnya.

Menurut Apriyono, tiket kereta api arus balik yang disiapkan KAI masih tersedia cukup banyak. Ini lantaran pemudik belum membeli tiket kepulangan pasca mudik lebaran nanti.

Untuk Lebaran tahun ini, PT KAI akan mengoperasikan 393 perjalanan. Secara keseluruhan, tiket arus mudik dan balik Lebaran dengan transportasi kereta api hingga per 29 Mei 2017 baru terjual sekitar 52 persen. Sisanya masih tersedia, terutama untuk kelas bisnis dan eksekutif.

Kendati demikian, sejumlah tiket untuk kereta jurusan tertentu hingga H-9 sudah berangsur habis, terutama untuk kelas ekonomi. Sementara itu, untuk kereta tambahan, dari 397.828 kursi yang telah disediakan, hingga saat ini baru terjual sekitar 45 persen.

Mudik Gratis

Bagi sobat Millens yang pengin mudik tapi terhambat biaya, jangan khawatir. PT KAI juga mengadakan program mudik gratis. Tahun ini, PT KAI menyediakan 1.520 kursi untuk mudik gratis. Hingga saat ini, tiket tersebut masih tersisa 404 kursi.

PYMT Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT KAI Apriyono Wedi Chresnanto menyilakan masyarakat untuk mendaftar di website resmi PT KAI.

"Silakan mendaftar di website remi. Jurusannya dari Jakarta ke arah timur. Jumlah kursi mudik gratis meningkat, terutama BUMN keseluruhan. Tahun ini BUMN menyediakan 11.000 untuk program mudik gratis," pungkasnya.

Nah, untuk sobat Millens yang mau mudik menggunakan kereta api, segera pesan tiketnya sebelum habis. Selamat mudik. (IB07/E04)