Tiket Kereta Mudik Lebaran Dijual Tengah Malam Nanti, Bisa Dipesan Di Mana Saja?

Tiket Kereta Mudik Lebaran Dijual Tengah Malam Nanti, Bisa Dipesan Di Mana Saja?
Mudik lebaran dengan kereta api. (Mamikos)Illustrasi mudik dengan kereta.(ANTARA Foto)

PT KAI mengumumkan pada pelanggannya bahwa tiket kereta lebaran sudah dapat dibeli mulai malam nanti. KAI juga telah menambah bandwidth dan kapasitas server agar pelayanan semakin cepat, aman, dan lancar.

Inibaru.id – Nggak terasa lebaran tinggal tiga bulan lagi, segenap fasilitas untuk memperingati hari tersebut kini mulai disiapkan oleh pemerintah, salah satunya adalah transportasi. Perusahaan plat merah PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) memberi pengumuman lewat website resminya jika penjualan tiket KA Reguler bisa dipesan mulai tengah malam nanti, Jumat (14/2).

"Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, seperti dilansir dari laman Kai.id.

Kamu bisa pakai aplikasi KAI Access untuk memesan tiket, Millens! (Brilio.net)
Kamu bisa pakai aplikasi KAI Access untuk memesan tiket, Millens! (Brilio.net)

Mulai H-90, tiket tersebut dapat kamu pesan lewat beberapa cara, yakni aplikasi KAI Access, website  KAI di kai.id, dan jaringan penjualan resmi KAI yang tersebar di banyak kota di Indonesia. Pihak KAI juga telah menambah bandwidth dan kapasitas server hingga dua kali lipat untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pemesanan.

“Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar. Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala,” tambah Edi.

Illustrasi suasana di dalam kereta. (Jawa Pos)
Illustrasi suasana di dalam kereta. (Jawa Pos)

Detik, Kamis (13/2), menulis beberapa wilayah seperti Daerah operasional (Daop) 1 Jakarta pun telah mempersiapkan layanannya. Mereka menyediakan sebanyak 879.736 kursi selama kurun waktu 22 hari Angkutan Lebaran, yakni 14 Mei-4 Juni 2020. Atau H-10 hingga H+10 lebaran.

Sebanyak 67 KA Reguler akan dioperasikan bagi pelanggan. Terdiri dari 37 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir (405.856 kursi), 27 KA dari Stasiun Pasar Senen (426.360 kursi), serta 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota (47.520 kursi).

"Di masa angkutan Lebaran tahun ini, ada beberapa KA baru keberangkatan di wilayah Daop 1 Jakarta, sesuai Gapeka 2019. Seperti hadirnya KA Anjasmoro, Dharmawangsa, Turangga, Argo Wilis, dan Malabar. Semoga semakin dapat mengakomodir kebutuhan pengguna KA untuk perjalanan mudik," kata Executive Vice President KAI, Dadan Rudiansyah.

Nah, sebelum membeli, pastikan mengisi data dari tanggal keberangkatan, rute, nama, dan nomor identitas secara benar ya, Millens. Yuk segera pesat tiket mudikmu supaya nggak kehabisan! (MG26/E06)