Tiket Kereta Gratis untuk Pelanggan Setia KAI Purwokerto

PT KAI tawarkan tarif khusus sampai tiket kereta gratis untuk pelanggan setianya. Apa saja syaratnya?

Tiket Kereta Gratis untuk Pelanggan Setia KAI Purwokerto
Antrean panjang untuk mendapatkan tiket kereta api. (PT KAI)

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menawarkan tarif khusus untuk tempat duduk kosong atau idle seat. Selain itu, PT KAI juga mencanangkan tiket gratis untuk para pelanggan setianya. Program ini mulai berjalan sejak 22 Februari 2018 lalu dan berlaku untuk seluruh kereta api komersial dengan pemberangkatan dari Daop 5 Purwokerto.

"Dengan program khusus ini diharapkan bisa lebih menarik minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api," kata Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, seperti ditulis Liputan6.com, Jumat (2/3/2018).

Sayang, pelanggan harus berebut untuk mendapatkan tiket tersebut. Sebab, pembelian tarif khusus ini hanya bisa dilakukan dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta dan hanya dapat dibeli di loket stasiun. Tarif khusus ini juga nggak berlaku pada kereta api tambahan atau fakultatif, serta kereta bersubsidi atau kereta ekonomi seperti Serayu, Kutojaya Selatan, dan KA Logawa.

Selain tarif khusus, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto juga memberikan loyalty programs (program kesetiaan) untuk memberi penghargaan kepada pelanggan yang rutin menggunakan layanan angkutan kereta api.

Baca juga:
Sensor Patung Telanjang, Facebook Minta Maaf
Para Menteri Jokowi Ikut Ngeband di Java Jazz Festival 2018

"Loyalty programs adalah pemberian tiket kereta gratis kepada penumpang dengan syarat- syarat tertentu," kata Ixfan.

Untuk program ini, lanjut Ixfan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan tiket gratis. Pertama, tiket hanya berlaku untuk kereta api komersial. Tiket juga hanya bisa diajukan atas nama penumpang yang sama dengan yang mengajukan loyality program. 

Selanjutnya, tiket ini berlaku dengan relasi perjalanan stasiun awal sampai stasiun akhir dan atau parsial, searah maupun sebaliknya.

Syarat lainnya, pelanggan mempunyai jumlah tiket yang pernah digunakan sesuai yang ditetapkan PT KAI, yaitu 20 tiket dengan rentang waktu 12 bulan atau 15 tiket dengan rentang waktu 6 bulan.

Ketentuan lain untuk mendapatkan tiket gratis adalah kereta yang akan dinaiki dengan tiket gratis sama dengan KA pada tiket yang telah dikumpulkan. Jika tiket yang dikumpulkan terdiri atas beberapa nama kereta yang berbeda, tiket gratis akan diberikan dengan relasi yang terpendek.

"Selain itu, nggak bisa dilakukan perubahan data ataupun perubahan jadwal untuk tiket gratis ini. Jadi, silahkan segera menghubungi loket stasiun untuk mendapatkan tiket gratis," terang Ixfan.

Baca juga:
Resolusi Zero Discrimination’s Day: Jangan Mendiskriminasi Para Jomblo!
Resmi Dilantik, Heru Winarko Jadi Kepala BNN

Berikut adalah nama kereta di Daop 5 Purwokerto dengan tarif khusus beserta relasinya:

Kutoarjo – Yogyakarta (pp) Rp 45.000,- (eksekutif), Rp 30.000,- (bisnis), Rp 25.000,- (ekonomi)

Kutoarjo – Lempuyangan (pp) Rp 25.000,- (ekonomi)

Kutoarjo – Solo (pp) Rp 75.000,- (eksekutif), Rp 55.000,- (bisnis)4. Kutoarjo – Purwosari (pp) Rp 45.000,- (ekonomi)

Purwokerto – Yogyakarta/Lempuyangan (pp) Rp 110.000,- (eksekutif), Rp 90.000,- (bisnis), Rp 65.000,- (ekonomi)

Purwokerto – Kutoarjo (pp) Rp 55.000,- (eksekutif), Rp 45.000,- (bisnis), Rp 35.000,- (ekonomi)

Purwokerto – Cilacap (pp) Rp 30.000,- (eksekutif), Rp 25.000,- (bisnis)

Purwokerto – Cirebon (pp) Rp 65.000,- (eksekutif), Rp 45.000,- (bisnis)

(ANG/GIL)