Tiket Kereta Bandara Adi Soemarmo Bakal Digratiskan Selama 2 Bulan

Tiket Kereta Bandara Adi Soemarmo Bakal Digratiskan Selama 2 Bulan
Kereta Api Bandara Adi Soemarmo. (Twitter.com/Sadewazero)

Kereta Bandara Adi Soemarmo yang baru saja diresmikan pada Minggu (29/12/19) bisa kamu gunakan secara gratis hingga Februari 2019. Kereta ini melayani 60 perjalanan pulang pergi di antara Stasiun Balapan Solo dan Bandara Adi Soemarmo.

Inibaru.id – Kereta Api Bandara Adi Soemarmo, Solo diresmikan pada Minggu (29/12/19) oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo.

Jatengprov, Minggu (29/12) menulis, acara peluncuran ini dilakukan dengan sederhana. Menariknya, beberapa anak difabel dan yang berasal dari panti asuhan diajak Ganjar untuk mencoba kereta dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo untuk pertama kalinya. Perjalanan kereta di antara kedua lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 19 menit.

Ganjar mengharapkan keberadaan kereta ini bisa menurunkan kemacetan di jalanan dan membuat masyarakat semakin mudah untuk mencapai bandara atau menuju ke pusat Kota Solo dari bandara.

“Mudah-mudahan bermanfaat. Semoga ini juga bisa mendukung perkembangan pariwisata di Jawa Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, Budi Karya menyebut KA Bandara Adi Soemarmo ini sebagai satu-satunya jalur kereta yang masuk hingga ke dalam bandara. Para penumpang pun bisa langsung memasuki area terminal bandara.

“Meski di Medan, Jakarta, Palembang, dan Padang ada KA Bandara, namun KA Bandara Adi Soemarmo ini satu-satunya yang langsung masuk ke dalam bandara. Jadi masyarakat bisa lebih mudah untuk berpindah transportasi,” terang Budi Karya.

KA Bandara ini diharapkan bisa semakin memperkuat sektor pariwisata di Jawa Tengah karena bakal memudahkan para turis yang datang ke Jawa Tengah, khususnya Solo.

“Sesuai arahan Presiden yang ingin menjadikan Jateng sebagai Bali baru, ini adalah salah satu upayanya. Pak Ganjar punya banyak destinasi wisata termasuk Borobudur. Jadi bukan hanya untuk angkutan massal perkotaan, namun KA Bandara ini juga untuk diharapkan dapat mendukung tourism,” imbuhnya.

Setiap harinya, KA Bandara Adi Soemarmo melayani 60 perjalanan pulang pergi dari Stasiun Balapan dan bandara. Di dalam satu rangkaian KA Bandara terdapat empat gerbong dengan kapasitas penumpang 393 orang. Hingga Februari 2020 mendatang, kita bisa menggunakan kereta bandara dengan gratis.

Kamu tertarik untuk mencoba kereta bandara ini nggak, Millens? (IB09/E05)