Tiga Siswa SMK N 4 Malang Juarai Lomba Animasi Se-ASEAN

Anak bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Kali ini tiga siswa SMK N 4 Malang berhasil memenangkan lomba animasi SEA Creative Camp 2018.

Tiga Siswa SMK N 4 Malang Juarai Lomba Animasi Se-ASEAN
Tiga kreator KIWA - The Adventure of Dayu and Ong. (Merdeka.com)

Inibaru.id – Kabar gembira yang datang dari kawan-kawan SMK 4 Malang, nih, Millens. Tiga siswa yang tergabung dalam animation team-SMKN 4 Malang baru saja memenangkan lomba animasi pada ajang Southeast Asia (SEA) Creative Camp 2018. Ketiga siswa berbakat tersebut yakni Toby Nugroho Wibisono, Salsabilla Aulia Rahma, dan Khadijah.

Mereka mengikutsertakan film animasi ciptaan mereka yang berjudul KIWA: The Adventure of Dayu and Ong dalam kejuaraan yang diselenggarakan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Alhasil, film animasi tersebut membawa mereka menjuarai kategori Animasi 2D pada ajang tersebut.

Baca juga:
Resmi Jadi Geopark, Kawasan Rinjani Bakal Diperluas
Naik Mobil Berpelat Indonesia, Pria Ini Dihentikan Polisi Prancis

Film tersebut memiliki 13 chapter dengan cerita yang berlatar tempat di desa fiktif bernama Desa Girah. Dalam film itu, terdapat tokoh yang bernama Dayu yakni putri tokoh agama di desa tersebut, Uwa Bardah. Dayu memiliki hewan peliharaan yang diberi nama Ong.

Suatu hari, Uwa Bardah merasakan hal yang nggak beres. Uwa lantas meminta Dayu dan Ong untuk berlindung di dalam rumah. Firasat Uwa benar, penduduk desa mendadak terkena wabah penyakit, padi di sawah rusak, dan rumah terbakar secara misterius.

Tetiba sesosok perempuan mistis beraura gelap muncul. Dengan kekuatan jahatnya, perempuan bernama Datu itu bertarung dengan Uwa Bardah. Namun, Uwa Bardah kesulitan untuk melawannya. Dayu dan Ong lantas datang dan membantu Uwa Bardah. Di akhir cerita,mereka bisa memenangkan pertarungan tersebut. 

Baca juga:
Ketok Palu, Libur Lebaran Ditambah Tiga Hari
Gempa Banjarnegara Akibatkan 316 Rumah Rusak

Wah, ceritanya menarik ya, Millens. Pantas saja film animasi tersebut dapat menggondol gelar juara pada SEA Creative Camp. Good job deh buat Toby, Salsa, dan Khadijah. Semoga semakin banyak anak muda Indonesia yang bisa berjaya di kancah Internasional. (IB08/E04)