Tetap Aktif dan Nggak Perlu Khawatir Gampang Haus Saat Puasa dengan Tips Ini

Tetap Aktif dan Nggak Perlu Khawatir Gampang Haus Saat Puasa dengan Tips Ini
Tips supaya puasamu nggak gampang haus ((Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang yang mengeluhkan rasa haus dan tenggorokan kering saat baru setengah hari berpuasa. Padahal, waktu berbuka masih lama. Demi mencegahnya, ini tips agar nggak mudah haus saat puasa. Kamu bisa tetap aktif, kok!

Inibaru.id – Menahan haus memang lebih sulit dibandingkan menahan lapar. Saat rasa haus tiba, tubuh terasa lemas dan nggak nyaman. Ada banyak sekali faktor yang membuat rasa haus ini muncul. Penyebabnya bisa jadi cuaca yang panas, kurangnya asupan cairan, hingga pola makan yang kurang baik.

Meskipun berpuasa membuatmu nggak minum selama belasan jam, tubuhmu nggak boleh sampai mengalami dehidrasi. Kamu harus tetap memastikan keseimbangan cairan tubuhmu terjaga.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan agar kamu nggak gampang haus saat menjalani puasa.

1.       Memenuhi Asupan Cairan Harian

Perbanyak minum air ya (Healthline)
Perbanyak minum air ya (Healthline)

Berpuasa memang menjadi tantangan sendiri untuk mengatur asupan cairan dalam tubuh. Kamu seakan nggak punya banyak waktu untuk minum seperti biasanya. Padahal kamu bisa membaginya di antara jam berbuka sampai sahur.

Tubuh memerlukan kurang lebih 8 gelas air per hari, kamu bisa membaginya dengan meminum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu, tubuhmu akan tetap terhidrasi dan nggak gampang haus keesokan harinya.

2.       Kurangi Mengonsumsi Minuman Berkafein

Kurangi minum kopi dan teh (Fajar.co.id)
Kurangi minum kopi dan teh (Fajar.co.id)

Minum kopi maupun teh memang sangat nikmat dan menyegarkan. Namun, keberadaan kafein di dalamnya bisa membuat kamu lebih sering buang air kecil. Dampaknya, cairan tubuh pun akan terkuras. Kamu pun akan lebih rentan mengalami dehidrasi atau kehausan saat puasa.

Saat sahur, sebaiknya kamu nggak minum kopi atau teh demi mencegah datangnya rasa haus saat puasa. Setelah berbuka, sebaiknya asupan kafein juga mulai dibatasi demi menjaga keseimbangan cairan tubuh.

3.       Atur Pola Makan Saat Sahur Maupun Berbuka

Hindari makanan asin dan pedas (Pixabay)
Hindari makanan asin dan pedas (Pixabay)

Menjaga pola makan saat berpuasa penting untuk dilakukan karena rasa haus bisa datang bukan hanya dari kurangnya asupan air putih. Sebagai contoh, jika kamu sering makan-makanan asin atau pedas, bisa jadi akan mudah merasa haus saat puasa. Hal ini disebabkan oleh sifat garam yang menarik cairan dari dalam tubuh.

WHO menyarankan asupan sodium di dalam garam dibatasi sekitar 2.400 miligram atau setara 1 sendok teh garam per hari. Jadi, kalau nggak mau kehausan saat puasa, kamu harus hindari makanan asin dan pedas.

4.       Menjaga Suhu Tubuh Tetap Normal

Ilustrasi berbaring di lantai (drankurprakash)
Ilustrasi berbaring di lantai (drankurprakash)

Salah satu penyebab kehausan ialah cuaca yang panas. Jika tubuh banyak berkeringat, maka cairan tubuh akan terkuras dan kamu pun akan mudah haus.

Kurangi aktivitas di luar ruangan, khususnya yang membuat kamu terpapar sinar matahari yang terik secara langsung. Kamu juga bisa memakai AC atau kipas angin jika mulai kepanasan.

5.       Perhatikan Waktu dan Intensitas Berolahraga

Tetap berolahraga supaya sehat (Unsplash.com / Mark Zamora)
Tetap berolahraga supaya sehat (Unsplash.com / Mark Zamora)

Olahraga bisa membuat tubuh orang yang berpuasa lebih bugar. Hanya, kamu juga nggak boleh sembarangan melakukannya. Perhatikan waktu dan intensitas berolahraga agar nggak mudah kehausan.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau senam. Selain itu, kamu diajurkan melakukannya 30 atau 60 menit sebelum berbuka. Jika haus, kamu pun bisa segera minum saat waktu berbuka tiba.

Jadi, siapa bilang kamu nggak bisa tetap aktif dan produktif di bulan puasa. Asalkan tips-tips ini dilakukan, kamu nggak akan mudah haus kok, Millens. (Hip/MG31/E07)