Terus Ditambang, Tinggal Berapa Emas yang Tersisa di Bumi?

Terus Ditambang, Tinggal Berapa Emas yang Tersisa di Bumi?
Banyak orang yang berpikir emas bakal habis karena terus ditambang. Berapa sisanya ya? (Flickr/ Bullion Vault)

Sebanyak 190 ribu ton emas telah ditambang dari bumi. Lantas, apakah emas akan segera habis? berapa sih sisa dari emas yang masih bisa kita tambang? Yuk simak fakta-fakta ini.

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak mengenal emas? Salah satu logam mulia ini sering dijadikan perhiasan, lapisan dari berbagai benda mewah, atau bahkan dijadikan komoditas investasi. Hanya, emas termasuk dalam benda yang nggak bisa diperbarui. Padahal, emas terus ditambang dari dalam bumi. Kira-kira, masih ada berapa ya sisa emas yang belum ditambang?

Berdasarkan data dari Dewan Emas Dunia, jumlah emas yang ditambang ternyata sedikit mengalami penurunan jumlahnya setiap tahun. Tahun 2019 lalu, produksi tambang emas sebanyak 3.531 ton, turun 1 persen dari jumlah emas yang ditambang pada 2018. Penurunan ini terus terjadi sejak 2008.

“Penurunan ini karena sudah banyak lokasi cadangan emas yang habis. Sementara penemuan emas baru masih belum sesuai dengan harapan,” ungkap juru bicara Dewan Emas Dunia, Hannah Brandstaetter sebagaimana dilansir dari BBC, Sabtu (3/10/2020).

Penambangan emas masih berlangsung di berbagai tempat di dunia. (Flickr/Simon Law)
Penambangan emas masih berlangsung di berbagai tempat di dunia. (Flickr/Simon Law)

Berdasarkan keterangan dari Survei Geologi Amerika Serikat, cadangan emas yang ada di dalam bumi diperkirakan masih ada sekitar 50 ribu ton. Sementara itu, jumlah emas yang selama ini sudah ditambang mencapai 190 ribu ton. Mereka pun memperkirakan 20 persen dari total emas yang tersisa masih bisa ditambang.

FYI nih, Millens, salah satu lokasi sumber emas terbesar di dunia adalah di Witwatersrand Basin, Afrika Selatan. Lokasi ini menjadi asal dari 30 persen emas yang sudah ada di dunia. Sementara itu, khusus untuk tambang emas di Indonesia, kita ternyata menjadi produsen terbesar ketujuh di dunia. Sudah bisa menebak lokasinya di mana kan? Yap, di Papua.

Sebenarnya, kalau sampai emas di bumi benar-benar habis atau nggak bisa lagi ditambang karena lokasinya yang sangat jauh di perut bumi, ada lo solusi lain, yakni menambang emas di bulan. Hanya, hal ini juga nggak mudah dilakukan. Transfer alat tambang ke bulan tentu sulit. Ditambah lagi pasti akan ada masalah dalam mengirim emas ke bumi. Bisa jadi, biayanya malah lebih mahal dari biaya penjualan. Muspro!

Kalau kamu, punya simpanan emas nggak di rumah, Millens? (BBC/IB09/E05)