Tertarik Menyilangkan Tanaman Hias Adenium? Begini Caranya!

Tertarik Menyilangkan Tanaman Hias Adenium? Begini Caranya!
Gimana caranya menyilangkan adenium? (Dekoruma)

Tanaman hias adenium kini sudah banyak di pasaran. Namun jika kamu nggak pengin punya adenium dengan warna bunga yang nggak pasaran, kamu bisa mencoba menyilangkannya sendiri. Bagaimana caranya?

Inibaru.id – Adenium atau kamboja Jepang kini makin banyak di pasaran. Banyaknya jenis tanaman hias adenium baru ini membuat variasi warnanya makin beragam. Hal tersebut merupakan hasil dari penyerbukan silang yang dilakukan oleh manusia.

Prinsip penyerbukan buatan ini dengan meletakkan pollen (kumpulan serbuk sari) ke kepala putik pada tanaman hias. 

Eits, tapi nggak semua persilangan bakal berhasil, Millens! Perlu ketelitian dan ketelatenan dalam melakukannya agar persilangan dan pembuahan nggak gagal.

Sebelum melakukan peyilangan, siapkan beberapa gunting atau pisau, beberapa tusuk gigi, kuas kecil, selotip, dan lampu senter. Alat-alat ini akan membantu mempermudahmu melakukan persilangan.

Pilih tanaman hias adenium yang mekar. (Tribun Jogja)
Pilih tanaman hias adenium yang mekar. (Tribun Jogja)

Pilihlah adenium yang sehat dan sedang berbunga. Pilih bunga yang sudah terbuka mahkotanya sekitar 3- 4 hari kemudian pisahkan. Selanjutnya, carilah pollen yang berwarna putih kekuningan di dalam corong bunga.

Carilah bunga tua dengan ciri-ciri yang telah mekar sempurna. Bunga jenis ini memiliki serbuk sari yang mudah menyerbuk putik. Nah jika kamu telah menyiapkan alat dan adenium, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Cara Penyilangan Tanaman Hias Adenium

Ambil serbuk sari dari bunga yang telah kamu siapkan dengan menggunakan tusuk gigi. Basahi ujung tusuk gigi untuk mempermudah pengambilan serbuk sari. Selanjutnya gunakan kaca pembesar untuk melihat serbuk sari benar-benar melekat di ujung tusuk gigi.

Selanjutnya, buka kelopak bunga lain, kemudian potong mahkota bunganya sepanjang 1,5 cm, dan tekuk ke bawah. Setelah itu, biarkan mahkota tetap terbuka sehingga tampak keseluruhan kepala putik untuk melihat pollen.

Kemudian lakukan penyerbukan dengan membuka kelopak bunganya. Lalu masukkan atau sisipkan sebuk sari ke pollen. Penyerbukan dilakukan dengan menggerakkan tusuk gigi naik turun dan memutar selama 10 detik.

Lakukan penyerbukan adenium sengan tusuk gigi. (Potkembangku)
Lakukan penyerbukan adenium sengan tusuk gigi. (Potkembangku)

Cabut tusuk gigi dan lihat kemungkinan serbuk sari masih tersisa di ujungnya. Jika masih ada serbuk sari, maka kamu perlu mengulanginya sekali lagi. Nah setelah itu kamu harus bersabar untuk menunggu bijinya muncul.

Butuh 3-4 bulan hingga buah muncul, pertanda penyerbukan tanaman hias adenium yang kamu lakukan telah berhasil. Ketika buah berhenti tumbuh, segera ikat dengan kawat agar benih biji dalam buah nggak terbang/tertiup angin.

Pastikan juga biji harus dalam keadaan kering sebelum ditaburkan di media tanam. Setelah penyerbukan berikan pupuk NPK 20:20:20 sebanyak 1/4 – 1/8 dari dosis anjuran yang terdapat pada kemasan.

Bila penyerbukan tanaman hias adenium dilakukan dengan benar, maka dalam dua hari bunga akan mekar dengan tingkat keberhasilan bisa mencapai 90 – 95%. Namun jika penyerbukan nggak berhasil, kamu harus bersabar untuk mengulangnya dari awal, Millens! (Hai/IB27/E05)