Terpilih Jadi Kapolri, Ini Tujuh Program Prioritas Idham Azis

Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bareskrim Polri, kini terpilih menjadi kapolri. Dalam uji kelayakan dan kepatutan, Idham menyampaikan tujuh program prioritas. Apa saja?

Terpilih Jadi Kapolri, Ini Tujuh Program Prioritas Idham Azis
Komjen Idham Azis. (Alinea)

Inibaru.id – Komisaris Jendral (Komjen) Idham Azis secara resmi dipilih Komisi III DPR RI sebagai Kapolri pada Rabu (30/10/2019). Komjen Idham terpilih untuk menggantikan Jenderal Pol Tito Karavian yang kini menjabat menteri dalam negeri.

Idham yang sebelumnya  menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ini tak menyampaikan visi misi ketika menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Menurutnya, hal ini bertujuan agar seluruh lembaga pemerintahan mengikuti visi-misi presiden.

“Berdasarkan arah kebijakan pemerintah yang menjadi acuan bagi arah kebijakan Polri, memperhatikan kebijakan Presiden RI pada pelantikan presiden dan wapres terpilih 2019-2024 dan direktif Presiden saat pelantikan anggota kabinet, maka dalam kesempatan kali ini tidak ada visi dan misi yang saya ajukan,” papar Idham seperti yang dilansir oleh Detik, Rabu (30/10).

Meski nggak memiliki visi misi, Idham memiliki tujuh program prioritas. Program yang akan dilaksanakan adalah program Polisi Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) yang telah dibangun oleh pendahulunya, Tito Karnavian.

“Jika diberikan kepercayaan amanah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Kapolri saya akan melakukan program penguatan Polri yang promoter menuju Indonesia maju, yang diimplementasikan dalam tujuh program prioritas,” ujarnya.

Tujuh program tersebut adalah mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibnas), penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisi, penataan kelembagaan, da penguatan pengawasan.

Selamat mengemban tugas, Komjen Idham Azis! Semoga ketujuh program tersebut dapat terlaksana dengan baik ya, Millens. (IB18/E06)