Ternyata, Main TikTok Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental, Lo

Ternyata, Main TikTok Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental, Lo
Bermain TikTok kini menjadi tren yang digemari banyak orang. (Flickr/thebetterday4u)

Aplikasi TikTok booming kembali belakangan ini. Berbagai kalangan, baik itu masyarakat biasa hingga para pesohor berlomba-lomba mengunggah video yang unik dan menarik. Nggak hanya asyik dilakukan, bermain TikTok ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental, lo. Kok bisa?

Inibaru.id – Anjuran untuk di rumah aja demi mencegah penularan Covid-19 membuat banyak orang bosan. Bahkan, nggak jarang orang yang stres akibat nggak bisa ke mana-mana. Hal ini membuat banyak orang mencoba aplikasi yang tengah digandrungi banyak orang. Salah satunya adalah TikTok.

Sebuah riset mutakhir yang dilakukan oleh situs Audley Villages mengungkapkan peningkatan penggunaan sejumlah aplikasi populer selama masa karantina virus corona. Termasuk di antaranya adalah bermain tantangan dalam platform TikTok.

Psikolog klinis Dr Julie Smith mengungkapkan bila tantangan yang dilakukan dalam video TikTok bisa memengaruhi kesehatan mental dan menghibur seseorang di masa pandemi seperti saat ini.

“Tantangan-tantangan yang ada bisa menjadi cara positif seseorang untuk merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan kebahagiaan dengan bergabung di permainan tersebut,” kata Julie.

Menurutnya, platform TikTok harus digunakan sebagai media untuk bersenang-senang, bukan untuk membandingkan diri dengan orang lain agar kesehatan mental bisa terus terjaga. Bila melihat TikTok sebagai ajang membanding-bandingkan, justru akan membuat suasana hati seseorang memburuk. Dampaknya bagi kesehatan mental juga akan tidak baik.

Penelitian lain  dilakukan oleh Professor Sarah Coyne dari Brigham Young University selama delapan tahun untuk mempelajari efek media sosial terhadap kesehatan mental seseorang.

Ilustrasi video Tiktok. (Flickr/thebetterday4u)
Ilustrasi video Tiktok. (Flickr/thebetterday4u)

Hasil dari penelitian ini adalah, efek kesehatan mental nggak berpaku pada seberapa banyak kita menggunakannya, namun lebih pada bagaimana kita menggunakannya. Khusus untuk Tiktok, tantangan dalam platform ini termasuk dalam partisipasi aktif, dan ini menjadi hal krusial dalam bermedia sosial. Keseruan saat menggunakannya justru memberikan dampak positif bagi mental seseorang.

“Koneksi sangat penting untuk dibangun di tengah masa pandemi seperti saat ini, dan media sosial menjadi salah satu cara utama untuk menjangkau orang lain,” kata Coyne.

Dia pun sependapat dengan Julie dalam hal tujuan menggunakan media sosial untuk bersenang-senang, bukan untuk membandingan diri dengan orang lain.

“Jangan terjebak dengan membandingkan diri dengan orang lain, misalnya membandingkan likes pada unggahan yang kamu buat atau folllowers akun,” tambah Coyne.

Wah, ternyata main TikTok bagi untuk kesehatan mental, ya. Kalau kamu sudah buat video TikTok apa saja, nih Millens? (Kom/MG31/E07)