Jangan Jijik, Ternyata Jalan <i>Nyeker</i> Ada Manfaatnya, lo!
Ragam manfaat di balik berjalan tanpa alas kaki. (Scout.id)

Jangan Jijik, Ternyata Jalan Nyeker Ada Manfaatnya, lo!

Bagi orang zaman sekarang, nyeker atau berjalan tanpa alas kaki mungkin terlihat nggak keren. Tapi tapi tunggu dulu! Berjalan tanpa alas kaki ternyata bermanfaat, lo.

Inibaru.id- Meski kamu harus merelakan kakimu kotor terkena tanah, ternyata nyeker menyimpan manfaat yang luar biasa. Dalam sebuah penilitian yang melibatkan 72 partisipan dengan rentang umur 18 hingga 44 tahun, berjalan tanpa alas dapat memicu penguatan daya ingat. Hasil ini diperoleh setelah para partisipan diminta lari dua kali dengan kondisi beralas kaki dan tanpa alas kaki. Sebelum lari, kemampuan memori otak mereka diukur dan sesudahnya pun demikian. Jadi, dapat dianalisis hasil perbedaannya.

Menurut Tracy Alloway sang peneliti, "Mengingat merupakan salah satu keterampilan kognitif yang penting dan hasil dari penemuan ini memberikan informasi penting bagi mereka yang banyak beraktivitas dengan mengandalkan daya ingat". Artinya, berjalan tanpa alas kaki berarti meningkatkan keterampilan kognitif dalam diri manusia yang ternyata juga memengaruhi daya ingatnya. Hal tersebut dikarenakan oleh sistem kerja otak yang lebih ekstra saat orang berjalan nyeker, daripada orang yang berjalan dengan alas kaki.

Selain itu, nyeker juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung. Soalnya, berjalan nyeker bisa membantu peningkatan muatan permukaan sel darah dan mencairkan gumpalan darah yang berisiko menjadi pemicu penyakit jantung. Hal tersebut sejalan dengan hasil riset yang dipublikasikan pada "Journal of Alternative and Complementary Medicine".

Oya, nggak cuma itu, Millens. Ternyata nyeker juga bisa membantumu memperbaiki kualitas tidur, meminimalisasi peradangan kronis, meregulasi endokrin, dan sistem syaraf serta mencegah penuaan dini. Hmm, menarik ya. Yuk ah nyeker! (IB23/E05)