Ternyata, Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia!

Ternyata, Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia!
Panglipuran, desa terbersih di dunia yang ada di bali. (Twitter/kbrihelsinki)

Sangat sulit mewujudkan kebersihan di berbagai wilayah di Indonesia, namun desa yang ada di Bali ini justru mendapatkan status desa terbersih di dunia! Di manakah desa ini?

Inibaru.id – Indonesia dan bersih seperti menjadi dua kata yang sulit untuk diwujudkan. Realitanya, budaya membuang sampah sembarangan masih sangat kuat dilakukan masyarakat. Tanah kosong, jalanan, hingga sungai masih menjadi tempat membuang sampah favorit. Tapi, ternyata status desa terbersih di dunia justru dipegang oleh satu tempat di Tanah Air. Di mana ya desa yang bisa menerapkan anomali luar biasa ini?

Ternyata, desa yang mendapatkan status keren ini ada di Bali, lo Millens. Desa ini juga sudah cukup terkenal, yakni Desa Panglipuran yang ada di Kabupaten Bangli. Lokasi desa ini 45 km dari Denpasar. Nggak begitu jauh, tapi juga nggak dekat-dekat amat.

Di desa dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut ini, kamu langsung bisa merasakan suasana yang sejuk, segar, dan asri. Desa yang dipenuhi dengan rumah-rumah adat khas Bali yang indah ini juga sangat bersih. Kamu nggak akan mudah menemukan sampah, puntung rokok, dan limbah-limbah lainnya.

Desa Panglipuran sangat bersih dan bebas dari berbagai limbah. (Twitter/karisma_bali)
Desa Panglipuran sangat bersih dan bebas dari berbagai limbah. (Twitter/karisma_bali)

Ada beberapa faktor yang membuat desa ini bisa sangat bersih. Salah satunya adalah adanya pedoman hidup yang dipercaya masyarakat setempat bernama Tri Hita Karana. Dalam pedoman ini, disebutkan bahwa manusia harus menjaga kehidupannya di dunia dengan Tuhan (Prahyangan), manusia lainnya (Pawongan), serta alam (Palemahan).

Sudah bisa menebak kan pedoman mana yang membuat desa ini bersih? Yap, masyarakat Desa Panglipuran sangat menjaga keseimbangan ekosistem alam tempat tinggal mereka. Mereka percaya kalau alam dijaga dengan baik, maka akan memberikan balasan terbaik bagi manusia.

Kamu tahu nggak, Millens, 40 persen wilayah desa ini ternyata adalah hutan bambu yang dilarang untuk ditebang. Selain itu, bahan-bahan bangunan yang dipakai penduduk harus ramah lingkungan. Tata ruang dari desa ini juga sangat rapi dan berorientasi menjaga ekosistem lingkungan.

Masyarakat Desa Panglipuran memiliki pedoman dan aturan hidup yang berorientasi menjaga keseimbangan alam. (Twitter/karisma_bali)
Masyarakat Desa Panglipuran memiliki pedoman dan aturan hidup yang berorientasi menjaga keseimbangan alam. (Twitter/karisma_bali)

Yang nggak kalah penting, masyarakat Desa Panglipuran juga menerapkan tradisi Awig-awig yang isinya adalah aturan untuk nggak membuang limbang rumah tangga ke selokan. Limbah ini harus masuk ke septic tank khusus yang dibuat di belakang rumah. Saluran air depan rumah pun jadi sangat bersih.

Selain itu, kendaraan bermotor nggak boleh lewat di jalan desa. Para penduduk dan wisatawan juga dilarang merokok. Hal ini membuat polusi udara nggak akan ditemui di desa ini.

FYI, nih Millens, pemberi penghargaan desa terbersih di dunia adalah majalah dari Amerika Serikat, Boombastic Magazine. Panglipuran mendapatkan gelar ini bersama dengan Desa Giethoorn di Belanda serta Desa Mawlinnong di India.

Tertarik main ke sana dan menikmati keindahan Desa Panglipuran, Millens? (Boo/IB09/E05)