Ternyata Begini Penjelasan Medis Terkait Larangan Nikah Sedarah

Ternyata Begini Penjelasan Medis Terkait Larangan Nikah Sedarah
Ilustrasi hasil pernikahan sedarah yang berdampak pada kelainan dalam diri keturunannya. (Dailymail)

Pekan ini masyarakat dikejutkan dengan kabar pernikahan kakak dengan adik kandungnya di Bulukumba. Dengan dalil apa pun, agama melarang terjadinya pernikahan ini. Nggak cuma itu, secara medis pernikahan sedarah juga nggak diperbolehkan. Berikut ini alasannya.

Inibaru.id – Yang namanya nafsu memang nggak ada yang tahu ya, Millens. Kalau nggak terkendali hal yang terdengar mustahil seperti pernikahan sedarah pun mungkin saja terjadi. Seperti seorang pria yang nekat menikahi adik kandungnya sendiri di Bulukumba. Lelaki yang sudah beristri ini pun dilaporkan sang istri.

Selain karena larangan dalam agama, secara medis inses juga nggak boleh dilakukan. Dilansir dari Okezone (4/7) dr. Ari Fahrial Syam, SpPD. menjelaskan, “Dunia medis tidak menganjurkan terjadinya perkawinan sedarah. Ini berkaitan dengan ditakutkan gen-gen yang jelek malah ketemu di tubuh si bayi.”

Penjelasan tersebut didasari hasil pengamatan dan pengalamannya yang sering menemukan kasus serupa dalam pernikahan satu kampung. Dia juga mengungkapkan, “anak bisa lahir cacat, down syndrome, talasemia, kelemahan otot tubuh, mata tidak normal, atau kelainan genetik lainnya.”

Bukan hanya itu, Millens! Salah satu dampak nyata yang sering dijumpai dari kasus pernikahan sedarah adalah Talasemia yang menjangkiti keturunan mereka. Talasemia sendiri merupakan kelainan darah dengan kondisi protein pembawa sel darah yang jumlahnya kurang dari normal. Ngeri juga ya?

Memang benar hal tersebut pun bisa terjadi pada keturunan dari pasangan non-sedarah. Tapi, semua itu risikonya nggak setinggi pada pernikahan sedarah. So, udah paham resikonya kan sekarang? He-he. (IB23/E05)