Jangan Sembarangan, Begini Cara yang Benar Mencuci Mukena Putih

Meski ada banyak model mukena, mukena dengan desain simpel dan berwarna putih polos tetap menjadi primadona. Sayang, merawat mukena putih itu susah-susah gampang, apalagi saat mencucinya.

Jangan Sembarangan, Begini Cara yang Benar Mencuci Mukena Putih
Ilustrasi mukena putih. (Okezone/Annisa)

Inibaru.id – Seiring berkembangnya zaman, mukena punya berbagai macam motif dan warna. Namun, warna putih atau warna pastel selalu menjadi primadona di pasaran. Padahal, kedua jenis warna ini paling sulit dicuci dan dirawat karena biasanya bakal cepat menguning dan kusam.

Eits, sebenarnya nggak susah-susah amat kok mencuci mukena berwarna putih atau warna pastel. Biar nggak salah langkah dalam mencuci, berikut langkah-langkah mencuci mukena putih yang sudah dirangkum Inibaru.id.

Sebelum Dicuci, Bersihkan Bagian yang Kotor Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci, sebaiknya kamu mengecek bagian mukena yang memiliki noda paling parah. Bagian-bagian yang perlu dicek yakni dagu sampai jidat. Bagian tersebut biasanya terkena bedak atau air wudhu yang lembab.

Kalau sudah menemukan bagian yang kotor, bersihkan kemudian cuci dengan menggunakan sabun penghilang noda, baik colek maupun batangan. Fokuslah untuk membersihkan noda tersebut terlebih dahulu.

Siapkan air Dingin yang Sudah Dicampuri Deterjen di Dalam Ember

Setelah noda membandel itu hilang, sekarang mulailah untuk mencuci mukena. Rendam mukena dalam air biasa atau air dingin dengan larutan sabun deterjen. Diamkan rendaman tersebut selama 30 menit.

Cuci dengan Pemutih dan Air Larutan Cuka

Kalau mukenamu super kusam dan susah putih, kamu bisa menggunakan pemutih untuk mengatasinya. Campurkan air dan pemutih merek apapun dengan perbandingan 8:1. Rendam mukena yang bernoda kuning atau kusam selama 10 menit. Setelah itu, peras mukena dan celupkan kembali ke dalam air yang telah dicampur dengan cuka. Cuka berfungsi untuk menetralisasi daya kerja obat pemutih. Bila sudah, bilas dan cuci dengan sabun seperti biasa.

Kucek Lembut Mukena di Dalam Air Sabun hingga Bersih

Setelah waktu merendam selesai, jangan lupa untuk mengucek mukena supaya lebih bersih. Kemudian peras, bilas dengan air dingin hingga bersih, lalu peras lagi sampai nggak ada busa sabun yang tersisa.

Keringkan Mukena, Jemur dengan Hanger, dan Jangan Disetrika

Bila kamu memiliki mesin pengering, manfaatkan mesin itu untuk mengeringkan mukenamu supaya kering lebih cepat dan nggak menimbulkan jamur. Kalau nggak punya mesin pengering, kamu bisa menggantungkan mukena untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Oh iya, perlu kamu tahu nih, Millens. Ada baiknya kamu nggak menyetrika mukena untuk menghindari noda hangus karena karat dari alas setrika. Kamu cukup melipat mukena dengan rapi dan simpanlah di dalam lemari.

Nah, itulah langkah-langkah untuk mencuci mukena putih atau mukena yang berwarna pastel. Selamat mencoba ya! (IB07/E04)