Ternyata, Arah Kiblat di Dalam Gedung Bisa Bikin Stres Turis Asing, lo!

Ternyata, Arah Kiblat di Dalam Gedung Bisa Bikin Stres Turis Asing, lo!
Tanda arah kiblat di dalam hotel bisa membingungkan turis asing. (Twitter.com/Asyaaaaaa10)

Tanda kiblat yang dipasang di dalam gedung ternyata bisa bikin bingung banyak orang. Apa alasanya?

Inibaru.id – Bagi orang Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, tanda arah kiblat yang ada di dalam bangunan pasti nggak bakal bikin bingung. Tanda sederhana berupa anak panah yang mengarah ke barat laut biasanya dipasang di langit-langit, dinding, atau bahkan lantai.

Bagi non-muslim yang tinggal di Indonesia sekali pun, tanda ini sudah sangat akrab bagi mereka karena bisa ditemukan di mana-mana.

Namun, tanda yang dianggap biasa bagi masyarakat Indonesia ini ternyata bisa membuat bingung turis asing, lo. Mungkin, ini terjadi lantaran mereka belum pernah melihat tanda tersebut di negara asalnya.

Sebagai contoh, ada seorang turis yang keheranan dengan tanda ini saat berkunjung di sebuah hotel di Bali pada Mei 2019 lalu. Turis yang nggak disebutkan namanya ini menginap di Hotel Grand Barong Resort.

Sebagaimana hotel-hotel di Indonesia pada umumnya, hampir selalu ada tanda kiblat yang dipasang di langit-langit kamar hotel. Tanda panah ini dikelilingi oleh sebuah lingkaran.

Tanda kiblat bisa dipasang di dinding, langit-langit, atau lantai. (Booking.com)
Tanda kiblat bisa dipasang di dinding, langit-langit, atau lantai. (Booking.com)

Masalahnya, tanda panah ini sama sekali nggak mengarah ke pintu atau jendela. Jika sang turis bergerak mengikuti arah panah tersebut, tentu akan menabrak tembok. Hal ini membuat mereka kebingungan.

“Tanda apa ini? Kami dibuat stres karena hingga seminggu kami mencari tahu apa artinya dan hal ini tetap jadi misteri,” ungkap sang turis dalam foto yang kemudian diunggah oleh situs Mirror.

Sejumlah warganet yang nggak tahu dengan hal ini juga bingung dengan tanda tersebut. Apalagi, ada yang mengaku pernah melihatnya mengarah ke luar jendela seperti ingin mengarahkan seseorang untuk terjun. Hal ini membuat mereka kebingungan.

Mereka sempat bertanya tentang tanda itu kepada petugas hotel. Sang petugas hanya tersenyum dengan ketidaktahuan mereka dan meminta mereka tidak perlu mengkhawatirkannya. Hanya, para petugas nggak benar-benar memberitahu apa maknanya.

Untungnya, ada warganet yang kemudian memberitahukan kepada mereka maksud dari tanda ini. Ternyata, tanda tersebut adalah pedoman bagi umat muslim di Indonesia untuk salat. Mereka tinggal mengikuti arah yang ditunjukkan panah tersebut untuk beribadah.

Nggak nyangka ya, Millens, tanda arah kiblat bisa sampai bikin heboh turis asing begini. Ha-ha. (Lin/IB09/E03)