Dimulai dari Tugas Bangsawan kepada Pelayannya, April Mop Mendunia

Dimulai dari Tugas Bangsawan kepada Pelayannya, <em>April Mop</em> Mendunia
April mop. (Timeanddates)

Di luar negeri, 1 April selalu disambut dengan melakukan hal-hal konyol karena disebut April Mop. Namun, dari mana sih asal budaya ini?

Inibaru.id – Istilah April Mop mungkin sudah nggak asing di telingamu ya, Millens. Tradisi yang dilakukan setiap 1 April ini kerap dilakukan orang-orang terutama yang tinggal di daerah Eropa dan Amerika Serikat. Setiap tanggal itu, mereka akan melakukan tipuan hanya untuk menciptakan lelucon.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (1/4/2019), kejadian menghebohkan untuk memperingati April Mop pernah terjadi pada 1957. Tepat pada 1 April, ribuan orang Inggris menonton reality show yang berjudul “Panorama”.

Acara tersebut menayangkan berita tentang sebuah keluarga yang sedang memanen pohon berbuah pasta. Segmen “berita” yang berdurasi empat menit itu menampilkan helai pasta matang menjuntai dari pohon-pohon di kebun anggun milik keluarga tersebut. Padahal, tayangan yang dibuat juru kamera freelance dengan bayaran 100 pound atau setara dengan Rp 2,7 juta ini hanyalah tipuan semata.

Saat mengetahui tayangan itu hanyalah tipuan, penonton langsung naik pitam. Mereka langsung mengirimkan surat marah yang ditujukan pada stasiun televisi yang menayangkannya. Usai melihat reaksi penonton, para staf justru sangat senang karena berhasil mengangkat tradisi berabad-abad di media massa.

Soal April Mop, tidak ada sumber yang menyebutkan asal-usul tradisi ini secara pasti. Namun, ada beberapa dugaan yang dimunculkan berbagai pihak. Salah satu dugaan menyebut tradisi ini berasal dari Romawi Hilaria yakni sebuah festival musim semi yang diadakan sekitar 25 Maret untuk menghormati hari pertama tahun lebih lama dari malam atau Vernal Equinos.

Pada 1561, seorang penyair Flemish menulis syair lucu tentang seorang bangsawan yang mengirim pelayannya bolak-balik untuk melakukan tugas konyol demi persiapan pesta pernikahan. Dari situlah April Mop diduga tercipta,

Sementara itu, penyebutan “April Mop” ditengarai baru muncul sekitar 1686 di Inggris. Kala itu, penulis biografi John Aubrey menggambarkan hari pertama di bulan April sebagai “Fooles holy day” atau “Hari Suci Mop”. Tradisi “menipu” seseorang untuk lelucon ini kemudian merajalela di Eropa pada akhir 1600-an.

Memang belum jelas kapan tradisi ini dimulai, tapi sudah banyak orang yang melakukan perayaan tersebut. Kamu termasuk yang melakukan tradisi ini nggak, Millens? (IB24/E04)