Termasuk Indonesia, Berikut 5 Negara yang Berpotensi Sering Alami Gempa
Negara yang berpotensi sering mengalami gempa. (Inews)

Termasuk Indonesia, Berikut 5 Negara yang Berpotensi Sering Alami Gempa

Indonesia sering diguncang gempa karena berada di pertemuan lempeng bumi. Selain Indonesia, lima negara ini juga berpotensi sering mengalami gempa.

Inibaru.id – Setahun belakangan, Indonesia sering diguncang gempa. Ada yang berkekuatan lemah tapi ada pula yang sampai memporakporandakan wilayah. Salah satu yang paling besar yakni gempa Lombok pada Juli tahun lalu. Intensitas kegempaan ini bisa dimaklumi karena Indonesia memang berada di pertemuan antarlempeng Bumi.

Namun, selain Indonesia, ada pula bebrapa negara yang juga berpotensi sering mengalami gempa. Meski sebagian besar adalah negara kepulauan, nggak menutup kemungkinan negara dengan geografis selain itu terkena gempa bumi. Berikut lima negara yang berpotensi sering diguncang gempa.

Jepang

Negeri Sakura itu termasuk negara yag berpotensi sering mengalami gempa. Ini karena Jepang berada di area Cincin Api Pasifik (Ring on Fire). Cincin api ini merupakan sabuk lempengan tektonik yang berada di Samudera Pasifik dan melewati pantai Jepang, Selandia Baru, hingga Amerika Utara dan Selatan. Nggak heran kalau Jepang sering dilanda gempa kemudian disusul tsunami. Setiap tahun, Jepang mengalami lebih 1.500 hingga 3.000 gempa bumi.

Chili

Negara di Amerika Serikat ini paling sering mengalami gempa. Ini terkait dengan letak Chili yang berada di lempeng Nazca yang terus bergetak setiap tahunnya. Rata-rata, kekuatan gempa di Chili berkekuatan 8 SR.

Filipina

Letak Filipina berada di perbatasan lempeng Pasifik yang merupakan zona seisme aktif. Terlebih, negara Lumbung Padi tersebut dilewati Cincin Api Pasifik sehingga rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Filipina pernah mengalami gempa paling mematikan berskala 7,1 SR pada 15 Oktober 2013. Energi yang dikeluarkan dari gempa tersebut setara dengan 32 bom atom Hiroshima.

Tiongkok

Tiongkok merupakan negara selanjutnya yang sering mengalami gempa. Letak Tiongkok berada di persinggahan beberapa lempeng minor yang aktif bergerak. Gempa paling mematikan di Tiongkok merenggut 69 ribu orang dengan kekuatan 7,9 SR pada 2008 silam.

Indonesia

Indonesia menyusul sebagai negara yang paling sering mengalami gempa bumi. Bukan di Lombok atau Palu, Jakarta justru berada di wilayah yang berbahaya. Nggak hanya berada di Cincin Api Pasifik, kota metropolitan ini lebih rendah daripada permukaan laut serta memiliki tanah yang lunak sehingga bila terjadi gempa, dampak yang ditimbulkan lebih besar.

Pada 2004, Indonesia menjadi negara ketiga yang paling parah mengalami gempa besar yang pernah tercatat seismograf seperti yang ditulis laman Pojoksatu (4/7/2019).

Nah, kalau sudah tahu begini, hendaknya kamu selalu waspada dan memahami upaya menyelamatkan diri saat terjadi gempa ya, Millens. (IB24/E04)