Terkuak, Ini Makna Ritual Jongkok Valentino Rossi Sebelum Balapan

Terkuak, Ini Makna Ritual Jongkok Valentino Rossi Sebelum Balapan
Salah satu ritual yang dilakukan Rossi adalah jongkok di dekat motornya. (Bolasport)

Pembalap senior Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengungkap makna di balik ritual berjongkok di dekat sepeda motornya yang selalu dia lakukan sebelum balapan. Yuk simak penjelasannya!

Inibaru.id - Nggak hanya dikenal sebagai salah satu legenda MotoGP, pembalap Tim Monster Yamaha, Valentino Rossi juga diketahui sering melakukan tingkah yang unik dan aneh. Salah satunya adalah ritual jongkok di sebelah sepeda motornya yang selalu dilakukan sebelum memulai balapan. Sebenarnya, apa sih maksud dari ritual unik yang dilakukan The Doctor ini?

Ternyata, Rossi melakukannya demi mengajak sepeda motornya berbicara dari hati ke hati. Selain itu, momen ini juga dia lakukan untuk mengatasi rasa cemas sebelum balapan. Meskipun dia adalah pembalap paling berpengalaman di MotoGP 2020, Rossi mengaku masih merasakan kecemasan tersebut setiap kali akan menggeber sepeda motornya.

“Ketika saya di dekat motor, itu adalah ritual. Biasanya saya jongkok di sebelahnya. Saya coba bicara dengannya, menyemangatinya, bilang padanya bahwa pada saat start, hanya ada saya dan dia, dan kami harus coba naik podium,” jelas Rossi, Senin (11/5/2020).

Rossi sedang melakukan ritual jongkok di dekat motornya untuk mengajaknya berbicara. (Otomotif.kompas)
Rossi sedang melakukan ritual jongkok di dekat motornya untuk mengajaknya berbicara. (Otomotif.kompas)

Lewat ritual ini juga, Rossi meminta bantuan kepada sepeda motornya agar bisa keluar dari berbagai momen sulit saat lomba berlangsung.

Terlihat aneh, memang. Pembalap berusia 41 tahun ini juga mengakui bahwa sepeda motornya nggak akan menjawab apapun yang dia bicarakan saat jongkok. Namun, dia tetap saja melakukannya di setiap balapan yang diikutinya.

“Saat berjongkok di sebelah motor, itulah momen terakhir saya, ketika saya harus memotong semua jarak apapun dengan semua hal selain balapan. Bahkan jarak dengan semua orang yang ada di grid saya. Setelahnya, saya hanya boleh memikirkan balapan,” tutupnya.

Sayangnya, kita sudah lama nggak melihat ritual dan aksi Rossi adu cepat bersama dengan rival-rivalnya di ajang MotoGP tahun ini. Hal ini disebabkan oleh pandemi corona yang membuat berbagai seri MotoGP telah ditunda.  Dorna, penyelenggara dari balapan ini bahkan mengaku nggak yakin MotoGP tahun ini bisa terlaksana.

"Saya rasa sebelum kita menemukan vaksin virus corona, mustahil menyelenggarakan MotoGP," ucap CEO Dorna Carmelo Ezpelata.

Semoga saja pandemi corona bisa segera berakhir sehingga kita bisa kembali melihat balapan MotoGP ya, Millens(Oke/MG27/E07)