Terkuak, Ini Alasan SIM Bentuknya Kartu Tapi KK Malah Berupa Surat

Terkuak, Ini Alasan SIM Bentuknya Kartu Tapi KK Malah Berupa Surat
Meski namanya Surat Izin Mengemudi, SIM justru berbentuk kartu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Namanya Surat Izin Mengemudi (SIM), tapi bentuknya malah kartu. Sementara itu, kertas berukuran besar Kartu Keluarga membuatnya mirip seperti surat. Ternyata ada alasan mengapa bentuknya seperti itu, Millens.

Inibaru.id- Kamu pernah menyadari ada yang aneh dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Kartu Keluarga (KK) yang kamu punya nggak? Namanya ada istilah surat, tapi SIM bentuknya kartu. Sebaliknya, Kartu Keluarga bentuknya justru kertas berukuran besar seperti surat. Kok bisa kebalik begini, ya?

Ternyata, ada beberapa alasan yang membuat nama dan bentuk dari SIM dan KK bisa nggak sesuai gitu. Hal ini terkait dengan fungsinya. Yuk simak alasan-alasan berikut ini.

SIM Biasanya Ditempatkan di Dompet

Kamu pernah membayangkan nggak kalau SIM yang masa berlakunya sampai lima tahun ini benar-benar berbentuk surat atau kertas berukuran besar seperti KK? Pasti kamu akan melipatnya sampai lecek di dompet, kan? Selain nggak praktis, hal ini membuat SIM lebih mudah rusak. Bisa jadi, sebelum lima tahun, kamu harus mengurus SIM lagi. Ribet, kan?

SIM berbentuk kartu nggak mudah rusak dan lebih praktis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
SIM berbentuk kartu nggak mudah rusak dan lebih praktis. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Nah, dengan dibentuk kartu dari bahan plastik mika, SIM pun jadi lebih kuat. Kamu nggak akan mudah khawatir SIM akan rusak. Bentuk SIM yang ringkas dan kecil juga mudah dimasukkan ke dalam dompet. Mudah dibawa kemana-mana, kan?

KK Lebih Mudah Disimpan dan Ditemukan Saat Dibutuhkan

Kalau Kartu Keluarga (KK), ada alasan yang membuat bentuknya sama sekali berbeda dari kartu dan justru mirip seperti surat. Ternyata, hal ini ditujukan agar lebih mudah disimpan di dalam lemari atau tempat lain. Bentuknya yang berupa lembaran kertas memungkinkan hal ini.

Kartu Keluarga nggak berbentuk kartu namun berupa lembaran kertas. (Banjarekasila)
Kartu Keluarga nggak berbentuk kartu namun berupa lembaran kertas. (Banjarekasila)

Di samping itu, yang butuh KK kan biasanya orang tua. Kalau bentuknya kartu kecil seperti SIM, tentu akan lebih sulit dicari, apalagi kalau sampai lupa, bukan? Karena ukurannya lebih besar, tentu akan lebih mudah ditemukan.

KK juga jarang dibawa kemana-mana. Jadi, bahan materialnya nggak perlu yang kuat seperti KTP atau SIM. Meski begitu, sebaiknya kamu melaminating KK agar nggak mudah rusak atau termakan rayap, ya Millens.

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa KK dan SIM bentuknya bisa nggak sesuai dengan namanya? Baik-baik menyimpannya agar nggak mudah hilang, Millens. (Hip/IB09/E05)