Terkonfirmasi Suspect Cacar Monyet, Satu Warga Jateng Diisolasi

Terkonfirmasi Suspect Cacar Monyet, Satu Warga Jateng Diisolasi
Keadan pasien suspect cacar monyet sedang dipantau dan mendapat penanganan dari tenaga kesehatan di Jateng. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Dinkes Jawa Tengah memastikan ada satu warga Jateng terkonfirmasi suspect cacar monyet. Hasil pemeriksaan bakal segera diungkap dalam waktu dekat.

Inibaru.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah memastikan seorang warga Jateng jadi suspect cacar monyet. Kini, pasien yang nggak diungkap nama dan asalnya itu sedang menjalani isolasi di sebuah rumah sakit yang ada di Pantura dan dipantau secara intensif.

“Ada temuan bahwa satu warga berstatus suspect cacar monyet dengan kondisi tubuh yang dipenuhi cacar dari kepala sampai kaki,” ungkap Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar, Selasa (2/8/2022).

Satu hal yang pasti, pasien tersebut punya riwayat perjalanan jauh bahkan melakukan kontak erat dengan orang yang terkena cacar monyet. Karena alasan inilah, pasien harus diisolasi dan terus dipantau kondisinya.

Yunita juga menceritakan bahwa pasien terkonfirmasi suspect cacar monyet lewat hasil pemeriksaan pada akhir Juli 2022. Sebenarnya, ada satu warga lain yang juga sempat diduga terpapar penyakit yang sama. Tapi, hasil pemeriksaan menunjukkan negatif.

“Hasil pemeriksaan akan keluar tiga hari lagi,” lanjut Yunita terkait dengan hasil pemeriksaan pasien yang diisolasi tersebut.

Mencegah Cacar Monyet

Ilustrasi: Cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. (Freepik)
Ilustrasi: Cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. (Freepik)

Belum ada laporan resmi adanya kasus positif cacar monyet di Indonesia. Tapi, nggak ada salahnya untuk terus waspada. Yunita pun menyarankan warga untuk menurunkan mobilitas dan menjaga gaya hidup sehat.

“Kita anjurkan supaya hati-hati saat melakukan perjalanan ke luar kota. Sebisa mungkin hindari kontak erat terhadap orang yang baru pulang dari luar negeri,” saran Yunita.

Selain dengan melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar nggak mudah tertular cacar monyet. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada tempat mencuci tangan, gunakan hand sanitizer. Lakukan hal ini setiap kali akan memasak, makan, membersihkan luka, atau menyentuh mata dan hidung.
  • Sebaiknya nggak berbagi peralatan makan dengan orang lain. Hindari juga barang-barang yang sudah dipakai orang yang sudah dipastikan positif cacar monyet.
  • Hindari hewan liar dan tidak mengonsumsi dagingnya.
  • Pastikan memasak daging hingga matang.
  • Perhatikan kesehatan hewan peliharaan.

Ingat ya, Millens, cacar monyet nggak bisa disepelekan. Apalagi, anak-anak cukup rentan tertular. Belum ada vaksin yang mampu mencegah penyakit ini. Jadi, selalu jaga kesehatan agar nggak sampai tertular, ya? (Rep,Sem,Idn/IB09/E10)