Terkena Kanker, Lee Chong Wei Terpaksa Gantung Raket

Pebulu tangkis legendaris asal Malaysia Lee Chong Wei mengubur impiannya untuk tampil di Olimpiade 2020. Kanker hidung membuatnya harus fokus menjalani pengobatan dan memaksanya pensiun dari dunia bulu tangkis.

Terkena Kanker, Lee Chong Wei Terpaksa Gantung Raket
Lee Chong Wei saat mengumumkan pensiun. (Reuters/Lai Seng Sin)

Inibaru.id – Atlet bulu tangkis tunggal putra legendaris asal Malaysia Lee Chong Wei terpaksa menggantung raketnya. Salah satu atlet bulu tangkis terbaik setelah pergantian Milenium ini mengumumkan pensiunnya dari dunia olahraga dengan penuh haru di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia, pada Kamis (13/6/2019) kemarin.

Lee yang kini berusia 36 tahun pensiun karena menderita kanker hidung. Setelah menjalani pemeriksaan dengan tim dokter yang ada di Jepang, tubuh Lee dinilai nggak bisa lagi menjalani latihan dan pertandingan dengan intensitas tinggi. Dokter pun meminta Lee untuk pensiun demi proses pemulihannya.

“Dengan berat hati, saya pensiun demi kondisi kesehatan,” tuturnya seperti ditulis laman Beritagar, Kamis (13/6).

Pria kelahiran Bagan Serai, Malaysia ini didiagnosis terkena kanker hidung pada September 2018 saat mengecek kondisi kesehatannya di Taiwan. Sebelum itu, Lee absen di Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia 2018 karena mengeluhkan gangguan pernapasan.

Baca juga:
Deretan Prestasi Lee Chong Wei Selama Menjadi Atlet Bulu Tangkis
Ini Penyebab Kanker Hidung yang Diidap Lee Chong Wei

Lee sempat kembali aktif di dunia bulu tangkis pada Januari 2019. Bahkan, dia diperkirakan bisa tampil di All England 2019 yang diadakan Maret lalu. Namun, dokter kemudian melarangnya tampil karena menganggap kondisinya nggak memungkinkan untuk berlatih dan bertanding.

Selama 19 tahun berkarier, Lee memenangi 69 trofi dari 705 kali pertandingan. Selain 47 gelar BWF Superseries, Lee menyabet 4 gelar All England dan 5 medali emas di ajang Commonwealth Games. Pada 2008 hingga 2012, Lee juga mencatatakan rekor berada di peringkat satu dunia selama 199 pekan berturut-turut.

Sayangnya dari berbagai gelar mentereng yang pernah didapatkannya, Lee empat kali kandas di final Kejuaraan dunia dan tiga kali hanya meraih medali perak di final Olimpiade. Lee selalu kalah dari duo tunggal putra andalan Tiongkok, Lin Dan dan Chen Long.

“Tidak ada penyesalan. Saya sudah mewakili Malaysia lewat bulu tangkis. Saya juga percaya telah melakukannya dengan penuh rasa bangga dan kehormatan,” pungkasnya.

Selamat menikmati masa pensiun, Lee Chong Wei. Semoga penyakitnya bisa segera disembuhkan, ya Millens. (IB09/E04)