Terkena Bencana Alam Ketika Asyik Berlibur? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Terkena Bencana Alam Ketika Asyik Berlibur? Ini yang Harus Kamu Lakukan
Apa yang harus dilakukan traveler jika terjadi bencana di tempat liburan? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bencana bisa datang kapan saja tanpa mampu diprediksi, termasuk saat berlibur. Yang paling penting, jangan panik ketika lokasi yang kamu kunjungi terkena bencana. Selain itu, berkumpullah dengan pengungsi lainnya agar mudah didata.

Inibaru.id - Hingga kini, belum ada teknologi yang dapat memprediksi bencana secara akurat. Hal ini menuntut kita agar terus waspada terhadap kemungkinan berbagai bencana yang terjadi. Terlebih, Indonesia menjadi salah satu negara yang jadi langganan berbagai bencana seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, angin puting beliung, hingga tsunami.

Bencana juga dapat terjadi di mana saja nggak terkecuali seperti saat liburan. Situasi seperti yang terjadi di Lombok pada akhir 2018 lalu ini tentu menimbulkan kepanikan bagi para warga domestik maupun wisatawannya.

Nah agar kamu nggak ikut panik menghadapi bencana saat berlibur, berikut adalah kiat-kiat yang bisa kamu terapkan:

1. Selamatkan Diri

Saat bencana terjadi, carilah lokasi yang aman untuk berlindung. Jangan paksakan untuk membawa semua barang. Bawa saja dokumen penting serta ponsel lalu beranjaklah menyelamatkan diri!

2. Berkumpul dengan Warga Lokal

Wisatawan yang ikut terkena bencana layaknya berkumpul dengan warga lokal agar mudah didata. Hal ini juga akan memudahkanmu untuk mendapatkan bantuan berbagai bahan pokok. Jadikan pula pengungsian sebagai tempat berteduh sementara.

Bawa barang pentin saja. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Bawa barang pentin saja. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

3. Cari Petunjuk

Kamu bisa mencari petunjuk dan pertolongan agar bisa segera kembali ke daerah asalmu. Minta petugas penyelamat untuk memberikan solusi agar kamu bisa pulang dengan selamat.

4. Tetap Tenang

Jangan panik jika kamu menghadapi situasi seperti listrik mati serta gangguan sinyal internet pascabencana. Hal ini wajar terjadi saat bencana alam. Jangan meluapkan amarah berlebihan karena hanya akan membuang energi.

5. Kirim Pesan Darurat

Gunakan ponselmu untuk mengirim pesan atau panggilan darurat jika ada korban di sekitarmu. Kamu juga bisa mengirimkan pesan pada keluargamu terkait kondisi terkinimu.

Cari tempat berteduh.  (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Cari tempat berteduh.  (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

6. Jaga Kesehatan

Saat di pengungsian, kamu harus cermat dan waspada terhadap makanan yang kamu konsumsi. Pastikan kamu nggak bermasalah dengan makanan tersebut. Hal ini penting untuk mencegah kamu jatuh sakit selama di pengungsian.  Keadaan akan semakin buruk karena obat-obatan menjadi langka pascabencana.

7. Pantau Perkembangan

Terus pantau perkembangan kabar soal bencana lewat berbagai media. Ikuti pula kabar tentang evakuasi wisatawan, karena biasanya pemerintah setempat akan menyegerakan wisatawan untuk kembali ke daerah asal.

Yang terpenting, bekali dirimu dengan mitigasi bencana agar siap menghadapi situasi yang nggak diinginkan ini ya, Millens! (Det/IB27/E05)