Terkait Penggusuran di Tamansari, 25 Aparat Polrestabes Bandung Diperiksa

Terkait Penggusuran di Tamansari, 25 Aparat Polrestabes Bandung Diperiksa
Penggusuran di Tamansari, Bandung (Pikiran Rakyat/Arif Hidayah)

Video aparat kepolisian memukul warga saat penggusuran di Tamansari, Bandung viral di media sosial. Mereka pun diperiksa untuk mengetahui fakta sebenarnya.

Inibaru.id – Sebanyak 25 aparat kepolisian diperiksa oleh Divisi Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat (Jabar). Mereka diduga melakukan tindakan kekerasan saat melakukan pengamanan dalam penggusuran rumah warga di Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (12/12/2019) siang.

Kompas, Senin (16/12), menulis, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Asep Adi Saputra memastikan seluruh aparat kepolisian yang diperiksa berasal dari Polrestabes Bandung.

“Sekitar 25 orang untuk mengetahui dulu kedalaman peristiwa itu sebenarnya apa yang terjadi,” terang Asep.

Pihak Propam disebut sedang mendalami apakah penggunaan gas air mata saat proses penggusuran sudah sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) atau nggak. Dia juga berjanji akan mengungkap hasil pemeriksaan ini kepada publik.

“Dari internal dulu karena Propam fokus ke internalnya dulu. Nanti hasilnya disampaikan,” janjinya.

Beberapa hari terakhir, linimasa media sosial diramaikan dengan video yang menunjukkan aparat kepolisian memukul warga saat mengamankan proses penggusuran rumah di Tamansari. Aparat juga diketahui menangkap lebih dari 10 orang saat proses penggusuran ini semakin ricuh.

Mereka yang ditangkap memiliki ciri berpakaian hitam dengan bagian di bawah mata diolesi krim putih yang diduga adalah pasta gigi. Orang-orang yang ditangkap ini disisir di sekitar lokasi penggusuran.

Penangkapan tersebut dilakukan karena adanya dugaan perlawaan dan pelemparan kepada aparat. Saat proses penangkapan ini, banyak orang berlarian ke dalam kompleks pertokoan Balubur Town Square (Baltos) Bandung.

Setelah orang-orang ini dibawa ke Polrestabes menggunakan truk polisi, proses penggusuran kembali dilanjutkan. Belakangan, polisi menyebut orang yang ditangkap bukanlah warga Tamansari.

Kalau menurut Millens, kericuhan saat proses penggusuran ini sebenarnya masuk pelanggaran HAM nggak, sih? (IB09/E03)