Terjebak Macet Panjang Saat Mudik? Lakukan Hal ini!

Mudik dengan kendaraan pribadi sangat rawan terjebak macet panjang di jalan. Nah, kalau sudah macet begitu, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut.

Terjebak Macet Panjang Saat Mudik? Lakukan Hal ini!
Kemacetan yang kerap erjadi saat arus mudik Lebaran. (Harianindo.com)

Inibaru.id – Sudah menjadi rahasia umum jika arus mudik Lebaran pasti akan menimbulkan kemacetan di berbagai tempat. Kemacetan itu bisa berdampak pada kesehatan tubuhmu, Millens. Kalau sudah terjebak macet, kamu juga bisa mengalami stres yang berlebihan.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan bila terjebak macet seperti ditulis Detik.com, Kamis (22/6/2017).

  1. Jangan Terburu-buru

Banyak orang yang langsung panik tatkala terkena kemacetan. Mereka ingin segera keluar dari kemacetan tersebut sehingga tanpa pikir panjang langsung menyerobot kendaraan lain atau bahkan mengambil jalur berlawanan. Padahal, ini justru bisa membuat kemacetan menjadi semakin parah.

  1. Perhatikan Ventilasi Kendaraan

Saat terjebak macet, pastikan sistem ventilasi kendaraanmu masih berfungsi dengan baik. Jika perlu, bukalah kaca jendela agar kondisi di dalam kendaraan tidak pengap. Namun, saat kaca dibuka, kamu juga harus waspada dengan aksi kejahatan di jalan raya.

  1. Matikan AC Mobil

Jika macet berlangsung hingga berjam-jam, ada baiknya kamu mematikan AC mobil atau sekalian mematikan mesin mobil demi mencegah overheat. Namun, jika mobil masih bisa merayap pelan-pelan, mesin mobil tak perlu dimatikan.

  1. Gunakan Kesempatan untuk Meregangkan Badan

Jangan ragu untuk keluar dari mobil sambil melakukan peregangan badan. Meski terlihat sepele, hal ini bisa membuat tubuh tetap segar dan bugar sebelum kembali melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman.

  1. Selalu Persiapkan Segala Keperluan Saat Menghadapi Kemacetan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memakai bahan pakaian yang nyaman, termasuk yang bisa digunakan saat terjebak macet hingga harus mematikan mesin mobil. Selain itu, pastikan untuk menyediakan air putih dan camilan yang cukup agar tidak mudah lapar dan haus. Jika perlu, persiapkan mainan untuk anak-anak agar tidak mudah rewel selama menghadapi kemacetan.

Ya, kamu memang harus menyiapkan tenaga lebih saat mudik menggunakan kendaraan pribadi, Millens. Tetap semangat, ingat ada keluarga di rumah yang menantimu. (IB09/E04)