Terjebak di Lift? Coba Tips Berikut Ini

Terjebak di Lift? Coba Tips Berikut Ini
Ilustrasi terjebak di lift. (Ist via Okezone)

Kesialan memang nggak ada yang tahu. Bisa saja ketika hari terasa biasa saja, lift yang kamu naiki rusak. Jadilah kamu terjebak di dalamnya. Jika hal yang nggak diharapkan itu terjadi, coba deh tips berikut ini. 

Inibaru.id – Tempat kamu bekerja mungkin dilengkapi dengan lift. Tapi bisa saja lift yang kamu naiki nggak bekerja dengan baik dan kamu terjebak di dalamnya. Duh, gawat kan?

Nggak jarang kejadian terjebak di lift menimbulkan ketakutan. Jadi, sepertinya penting untuk mengetahui hal-hal berikut biar nggak terlalu horor ketika nggak bisa keluar dari lift.

1.       Usahakan Tetap Tenang

Tenangkan diri ketika kamu menyadari nggak bisa keluar dari lift. Panik hanya akan memperparah keadaan. Jadi, usahakan berpikir positif sampai pertolongan datang.

2.       Tekan Tombol Pintu Terbuka

Jangan tekan tombol lain selain untuk membuka pintu. Jika nggak bekerja, kamu bisa menekan tombol emergency untuk meminta bantuan.

3.       Gunakan Telepon Darurat di Lift untuk Minta Bantuan

Telepon itu bakal membantumu menghubungi teknisi darurat yang bisa mengeluarkanmu dari lift. Jika tombol tersebut bermasalah, gunakan telepon selularmu untuk menghubungi saudara atau teman mengenai keadaanmu.

4.       Usahakan Berada Dalam Posisi Duduk

Jika terjebak, posisikan diri duduk agar lebih santai. (via Tribunnews)
Jika terjebak, posisikan diri duduk agar lebih santai. (via Tribunnews)

Dengan duduk, kamu bisa lebih santai. Setelah itu, tarik napas panjang. Ini penting agar diri tetap tenang dan berpikir positif. Kalau kamu terlalu panik atau menggebu-gebu mencari jalan keluar, justru bakal memperburuk keadaan.

5.       Jangan Terlalu Banyak Bicara

Kamu harus menyadari bajwa oksigen di dalam lift itu terbatas. Bicaralah seperlunya untuk menghemat oksigen.

6.       Menunggu Datangnya Bantuan

Sebaiknya, kamu tetap tenang menunggu bantuan datang. Nah, kamu boleh kok main game biar pikiran tetap positif. Corat-coret di kertas juga boleh. Yang penting kamu bisa tetap rileks.

Ingat, histeria itu menular. Jika kamu panik, orang yang terjebak bersamamu juga akan panik. Kalau semuanya panik, oksigen bakal cepat habis. Karena itu, lebih baik, ajak orang-orang yang terjebak bersamamu untuk duduk dan menarik napas dalam-dalam. Hindari mencari jalan keluar lewat atap seperti di film-film aksi ya.

Jadi begitu ya, Millens jika kamu terjebak di dalam lift. (Det/IB21/E07)