Terjang Cicurug Sukabumi, Banjir Bandang Hanyutkan 2 Warga

Terjang Cicurug Sukabumi, Banjir Bandang Hanyutkan 2 Warga
Banjir Sukabumi. (Detik.com)

Hujan deras yang mengguyur pada Senin (21/9) sore membut sejumlah desa di Sukabumi terendam banjir. Nggak cuma menyebabkan kerusakan bangunan, ada pula 2 warga yang dilaporkan hanyut.

Inibaru.id – Banjir bandang yang melanda Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9) petang dilaporkan berasal dari beberapa anak sungai Cicatih yang meluap. Menurut data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi, banjir melanda sejumlah kampung di empat desa dan satu kelurahan.

Beberapa di antaranya adalah Kampung Cipari, Desa Cisaat; Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan; serta Kampung Nyangkowek dan kampung Lio, Desa Mekarasari. Selain itu, banjir juga menerjang Perumahan Setia Budi Desa Bangbayang dan belakang Asrama Polisi di Kelurahan Cicurug.

Terjadi akibat hujan deras. (Liputan6)
Terjadi akibat hujan deras. (Liputan6)

Akibatnya, ada dua orang yang dilaporkan hanyut oleh BPBD Kabupaten Sukabumi.

"Informasinya ada yang hanyut dua orang, sedang dalam upaya pencarian dan datanya masih diidentifikasi," terang Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna

Selain itu, dilaporkan ada delapan orang yang mengalami luka ringan akibat peristiwa tersebut.

"Kampung Cibuntu Desa Pasawahan, korban hanyut ada 2 orang belum ditemukan. Terus yang luka-luka sudah dirawat di salah satu dokter, sekitar 8 orang. Kondisinya luka ringan," kata Danramil Cicurug Kapten Armed Mahtom Tohari.

Banjir juga hayutkan rumah. (CNN INdonesia)
Banjir juga hayutkan rumah. (CNN INdonesia)

Menurutnya, banjir bandang terjadi saat hujan deras melanda wilayah tersebut pukul 17.00 WIB. Sejumlah aliran sungai Citarik-Cipeuncit yang melintas permukiman tersebut meluap dan bermuara ke sungai Cicatih. Dalam peristiwa tersebut, ketinggian air diketahui mencapai sekitar 5-6 meter.

Akibatnya, 12 rumah terbawa hanyut dan 85 rumah lainnya terendam. Sementara itu, kendaraan yang terbawa hanyut masih dalam proses pencarian.

Sebelumnya diberitakan banjir bandang menerjang wilayah kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9).  Sekitar pukul 17.00 WIB, sejumlah wilayah Sukabumi diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa jam.

Semoga para korban hilang ditemukan dalam keadaan selamat ya, Millens! (Kom/IB27/E03)