Terapkan 5 Sikap Ini Jika Kamu Kerap Direndahkan
Dia yang merendahkanmu belum tentu lebih baik dari kamu. (salemoaks.com)

Terapkan 5 Sikap Ini Jika Kamu Kerap Direndahkan

Jangan pesimistis ketika direndahkan. Nggak ada kehidupan yang mulus-mulus saja, tanjakan dan lubang tentu ikut andil dalam jalannya.

Inibaru.id – Setiap kehidupan selalu memiliki jalan yang berbeda. Entah itu berkelok-kelok, terjal ataupun berlubang. Namun jangan sampai hal itu membuat kamu melunturkan semangatmu dalam menempuh perjalanan menuju arah yang dituju. Nggak perlu pesimistis saat kamu direndahkan. Berikut ini adalah sikap yang perlu kamu ambil agar tetap strong menghadapi kehidupan.

1. Tetap Bersikap Lembut

Setiap perbuatan ada balasannya. Saat kamu berbuat baik kepada orang lain, tentu kamu akan mendapatkan pahala yang baik. Begitupun sebaliknya jika kamu berbuat jahat kepada orang lain, kamu pun akan menuai hasilnya.

Buat kamu yang sering mendapat hinaan dari orang lain, nggak perlu ambil pusing. Biarkan saja mereka berkata apa, toh semua ada balasannya. Tetaplah bersikap lembut dan sabar.

2. Jadilah Elegan dengan Cara Tidak Membalas

Jika kamu dicaci oleh orang lain dan kamu membalasnya, lalu apa bedanya kamu dengan orang itu?

Akan beda halnya jika kamu tetap menjaga hati meski disakiti. Karena apabila kamu membalas perbuatan yang sama, orang baik di dunia ini akan habis. Jadi balaslah perbuatan buruk dengan kebaikan agar mereka yang mencacimu akan dibukakan hatinya.

3. Jangan Mudah Memikirkan Omongan Orang

Kata-kata yang merendahkan selalu mempengaruhi kesehatan mental. Nggak mau dong kamu sakit hanya karena mikir kata-kata orang yang nggak baik tentang kamu.

Nah, sekarang saatnya buat kamu berhenti menanggapi cemoohan orang. Anggap saja ucapan orang tentang kamu itu hanya angin lalu.

4. Hargai Diri Sendiri

Nggak perlu mengharapkan penghargaan dari orang lain, kamu juga bisa kok menghargai diri sendiri. Yang terpenting kamu bisa menghargai orang lain, agar kelak kamu pun dihargai oleh orang lain. Jadi sekecil apapun usaha orang lain tetaplah dihargai, karena usaha yang nggak dihargai itu menyakitkan.

5. Santuy, Pahit Manis Kehidupan Memang Beragam

Beginilah kehidupan, ada manis juga pahit yang bakal dirasain. Roda selalu berputar sehingga kamu bisa di atas dan di bawah. Tapi yakinlah bahwa kepahitan nggak bakal selamanya menetap. Semua bakal berakir pada waktunya. Demikianpun dengan manisnya hidup. Tetaplah bersyukur dikala susah dan senang.

Keep calm, Tuhan Maha Adil. Kamu nggak perlu mendengarkan omongan orang yang nggak ada gunanya. (IB30/E05)