Bursa Transfer Eropa Berakhir, Siapa Saja yang Ganti Klub?

Selain saling tukar pemain antara Arsenal, Chelsea, dan Borussia Dortmund, beberapa nama besar juga berpindah klub pada Bursa Transfer Musim Dingin 2018. Bahkan, ada yang pindah ke rival abadi!

Bursa Transfer Eropa Berakhir, Siapa Saja yang Ganti Klub?
Aubameyang, Batshuayi, dan Giroud, tiga bintang sepak bola dari tiga klub papan atas salig bertukar klub pada pengujung bursa transfer musim dingin Eropa. (The Short Fuse)

Inibaru.id – Bursa Transfer Musim Dingin Eropa 2018 resmi ditutup pada 31 Januari 2018 lalu. Sebagaimana Bursa Transfer Musim Panas 2017, nggak sedikit pemain yang resmi berganti klub. Selain besarnya perputaran uang, bursa transfer kali ini juga melibatkan sejumlah pemain top. Siapa saja?

Dari Liga Primer Inggris (EPL), selain pertukaran pemain antara Henrikh Mkhitaryan (Manchester United) dan Alexis Sanchez (Arsenal), bursa transfer EPL berakhir klimaks dengan bergabungnya striker Borussia Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal.

Bersamaan dengan itu, pemain depan Arsenal Olivier Giroud pun pindah ke rival sekota, Chelsea. Nah, kehadiran Giroud juga berimbas pada hengkangnya Michy Batshuayi ke Dortmund untuk menggantikan posisi Aubameyang yang selama ini dikenal sebagai salah satu pemain depan tertajam liga tertinggi Jerman, Bundesliga.

Baca juga:
Perkawinan Tanpa Disahkan Negara Rentan Dipidana. Kenapa?
Perjuangan Bule Selandia Baru Nikahi Gadis Asal Wonogiri

Kepergian Aubameyang dan kedatangan Batshuayi ke Dortmund pun segera menjadi berita utama di Jerman. Selebihnya, bursa transfer Bundesliga bisa dikatakan nggak menarik lantaran tak ada lagi pemain top atau mahar besar dalam kepindahan para pemainnya. 

Kurang Menarik

Bursa transfer liga utama Italia, Serie A, juga terbilang nggak menarik. Seperti ditulis Kumparan.com, Kamis (1/2/2018), salah satu transfer paling menarik adalah kepindahan pemain legendaris Italia Giampaolo Pazzini dari Hellas Verona ke klub papan bawah Liga Spanyol (La Liga) Levante.

Setali tiga uang, bursa transfer La Liga juga terbilang sepi. Klub-klub liga utama Spanyol memang terlihat nggak begitu aktif dalam bursa transfer kali ini.

Sempat dihebohkan dengan kepindahan Inigo Martinez, hari terakhir bursa transfer hanya diisi kepindahan Isaac Success dan Mamxime Lestienne ke Malaga. Succes dipinjam dari klub EPL Watford, sedangkan Lestienne dipinjam dari klub elite Russia Rubin Kazan.

Baca juga:
Facebook dan Instagram Resmi Larang Iklan Cryptocurrency
Program “Jateng Wow” Siap Tarik Wisatawan pada Low Season

League 1 Prancis juga tampak sepi. Klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) yang biasanya banyak pergerakan juga terlihat anteng. Satu-satunya nama besar yang berpindah klub hanyalah Clement Grenier yang dibeli Guingamp dari Olimpique Lyonnais. (AW/GIL)