Melakukan Kekerasan, Seorang Polisi di Bangka Belitung Dicopot dari Jabatannya

Melakukan Kekerasan, Seorang Polisi di Bangka Belitung Dicopot dari Jabatannya
Video YS tengah mengamuk. (Tribunnews.com)

Seorang polisi di Bangka Belitung dicopot dari jabatannya lantaran menendang seorang perempuan yang diduga berniat mencuri di tokonya. Pencopotan itu dilakukan lantaran YS dianggap gagal mencerminkan sikap sebagai polisi yang bertugas menjadi pengayom dan pelindung masyarakat.

Inibaru.id – Seorang polisi berinisial YS di Bangka Belitung dicopot dari jabatannya lantaran melakukan tindakan kekerasan terhadap seorang perempuan di tokonya. Diduga, perempuan tersebut berniat mencuri di toko miliknya. Lantaran kesal, YS memukul dan menendang perempun itu.

Kejadian tersebut bermula ketika sebuah mobil parkir di depan toko YS pada pukul 19.00 WIB. Satu orang yang diduga sopir menunggu di dalam mobil, sedangkan enam orang turun dan masuk ke toko. Tiga dari enam orang tersebut berhasil ditangkap, tapi empat lainnya berhasil melarikan diri.

Setelah ditangkap, YS kemudian bertanya pada si perempuan. Namun si perempuan hanya menjawab tidak tahu. Karena terpancing emosi, YS lantas menendang dan melempar sejumlah barang ke tubuh si perempuan.

Tindakan kekerasan yang dilakukan oknum polisi ini direkam seseorang dan disebarkan ke media sosial hingga menjadi viral. Saat mengetahui video tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian langsung memerintahkan Kapolda Bangka Belitung untuk mencopot YS seperti ditulis Tempo.co, Kamis (12/7/2018).

Pencopotan lelaki yang menjabat sebagai Kasubdit Kilas Ditpamobvit di Polda Bangka Belitung itu tertulis dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/1786/VII/2018 yang ditandatangani langsung Kapolda Bangka Belitung Kombes Enjang Hasan Kurnia. Kini, YS dimutasi sebagai Pamen Yanma Polda Bangka Belitung.

Kendati demikian, YS harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut. Hingga Jumat (13/7/2018), YS masih menjalani pemeriksaan di Satreskrim Pangkal Pinang.

“Kapolri memerintahkan Kapolda Babel untuk mencopot yang bersangkutan hari ini juga. Yang bersangkutan adalah salah satu Kasubdit di Direktorat Pamobvit,” tutur Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) M Iqbal.

Iqbal juga mengungkapkan tindakan yang dilakukan YS nggak mencerminkan peran polisi sebagai pengayom dan pelindung bagi masyarakat.

Duh duh, nggak patut ditiru ya, Millens. (IB15/E04)