Kilas Balik 2018; Top 5 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Hits

Kilas Balik 2018; Top 5 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Hits
Embung kledung. (bontelsangadji/Instagram)

Sepanjang 2018, tempat-tempat wisata di Jawa Tengah ini menyedot perhatian khalayak ramai. Di mana ya?

Inibaru.id – Berikut adalah beberapa tempat wisata paling moncer Jawa Tengah pada 2018. Barangkali bisa kamu jadikan rujukan untuk piknik saat liburan nanti. Pemandangan ciamik yang ditawarkan pasti membuat instagrammu makin eksis. 

  1. Ayanaz Gedong Songo 

Suasana di Ayanaz. (ngangsukawruh.com)

Candi Gedong Songo yang ada di Gunung Ungaran, tepatnya di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ini nggak cuma menawarkan candi-candi yang kaya akan nilai sejarah, melainkan juga spot yang cantik dan Instagramable.

Spot ini adalah Ayanaz Gedong Songo. Di sini, kamu bisa berswafoto dengan latar bubble tent, balon udara, atau tempat duduk yang ada di tengah-tengah kolam. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk khas pegunungan.

  1. De Tjolomadoe

Gilingan tebu di salah satu sudut di museum De Tjolomadoe. (The Jakarta Post)

Millens pernah mendengar nama pabrik gula Colomadu yang sangat legendaris di wilayah Karanganyar? Meski sudah tutup pada 1998 silam, pabrik gula ini bertransformasi menjadi De Tjolomadoe yang kental dengan nuansa kolonial.

Selain menambah wawasan, ada banyak spot yang bisa kamu eksplorasi untuk menghiasi etalase instagrammu, lo. Di sini juga sudah tersedia kafe dan rumah makan. 

  1. Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan. (akhmeddewantara.blogspot.com)

Foto-foto Hutan Pinus Kragilan yang ada di lereng Gunung Merbabu, Magelang tentu sudah sering kita lihat di media sosial, khususnya Instagram. Faktanya, tempat wisata yang berjarak sekitar 6 km dari Ketep Pass ini memang selalu ramai pelancong. Pemandangan pohon pinus yang teduh dan jalanan yang membelah hutan pinus ini menjadi daya tarik utamanya.

  1. Embung Kledung

Embung Kledung. (sihudun.blogspot.com)

Embung Kledung berlokasi di Jalan Raya Parakan, Temanggung – Wonosobo, tepatnya di Tlahap, Kledung. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alami khas pedesaan lengkap dengan latar Gunung Sindoro. Banyak orang yang sengaja mendatangi Embung Kledung di saat matahari terbit karena pemandangannya sangat indah.

  1. Lawang Sewu

Image result for lawang sewu

Lawang Sewu. (marcelferdinand/instagram)

Lawang Sewu kini nggak berkesan angker lagi. Lawang Sewu bahkan telah menjadi tempat wisata yang Instagrammable. Di sini, kamu bisa berburu foto unik dengan latar pintu atau jendela berukuran besar khas bangunan kolonial. Selain itu, kamu juga bisa menikmati Tugu Muda dari salah satu sudut bangunan ini.

Oke banget kan infonya? Kamu sudah pernah ke mana saja nih, Millens? (IB09/E05)