Tempat-Tempat yang Menyediakan Fasilitas Gratis di Semarang

Kini nongkrong di Kota Semarang nggak perlu ke mal atau kafe yang harus bayar mahal. Beberapa ruang publik gratis yang ada di Semarang ini cukup seru untuk sekadar kumpul bareng teman, olahraga, atau untuk mencari inspirasi mengerjakan tugas-tugas kuliah, lo.

Tempat-Tempat yang Menyediakan Fasilitas Gratis di Semarang
Loop arena di GOR Tri Lomba Juang. (inibaru.id/Faidah Umu)

Inibaru.id – Tersedianya ruang publik di Semarang sangat membantu warga setempat untuk melakukan berbagai aktivitas. Ada yang digunakan untuk kumpul komunitas, berolahraga, hingga tempat untuk belajar dan mengerjakan tugas. Nah, apa saja sih fasilitas yang ditawarkan sehingga tempat-tempat tersebut menjadi favorit bagi kaum muda Kota Semarang?

1. PIN Semar

Pusat Informasi Publik (PIP) Kota Semarang atau sering juga disebut PIN Semar (Pusat Informasi Semarang) milik Pemkot Semarang ini diresmikan pada 28 Oktober 2014. Tempat yang berada satu kompleks dengan Balai Kota Semarang ini menjadi tempat favorit untuk kumpul siswa-siswa dan komunitas. Alasannya, fasilitas yang disediakan di sini lengkap, nyaman, dan yang paling penting, tempat ini gratis. Oke banget deh!

Di lantai satu terdapat ruang Broadband Learning Center (BLC), ruang operator pengelola, ruang komunitas, pusat pengaduan masyarakat, ruang internet dan telepon, serta ruang baca. Sedangkan di lantai dua ada ruang server, ruang dokumen, ruang desk kota, studio mini, dan ruang rapat. Nah, untuk menggunakan fasilitas berupa ruang-ruang itu kamu hanya perlu melakukan pemesanan ke pihak PIP dan menentukan hari dan waktu. Semua gratis!

Zerlina, siswa yang bersekolah nggak jauh dari PIN Semar mengaku sering memanfaatkan tempat tersebut untuk berkumpul bersama teman-temannya. Siswa Kelas XI SMA N 3 Semarang itu beberapa kali ke sana untuk rapat atau mengerjakan tugas. 

“Fasilitasnya lengkap dan gratis, lumayan jadi nggak perlu ke mal atau kafe buat ngumpul,” ujarnya.

Selain fasilitas yang disediakan secara cuma-cuma. koneksi wi-fi di tempat itu yang terbilang stabil dan cepat juga menjadi alasan Zerlina dan teman-temannya untuk ngumpul di tempat tersebut.

“Di sini ada komputer dan wi-fi. Jadi gampang cari bahan-bahan untuk tugas kelompok atau sekadar cari referensi jika ada event sekolah,” tambahnya.

Warkop di PIP Semarang (inibaru.id/Faidah Umu)

Pelayanan di PIP terbilang baik karena selain fasilitas yang tadi telah disebutkan, ada juga fasilitas tambahan seperti toilet, musala, dan warung kopi (warkop) yang berada di sisi luar gedung. Jadi, buat kamu yang kelaparan nggak perlu khawatir karena ada berbagai macam makanan, camilan, dan minuman yang dijual di sana. Eits, tapi makanannya jangan dibawa masuk ke dalam gedung ya. Bisa disemprit kamu!

2. GOR Tri Lomba Juang

Selain PIP, tempat favorit untuk ngumpul anak muda lainnya ada di GOR Tri Lomba Juang (TLJ). Jika di PIP kamu bisa kumpul-kumpul buat rapat dan mengerjakan tugas, TLJ bisa kamu manfaatkan untuk berolahraga, tentu saja dengan fasilitas yang nyaman dan juga gratis. Oya, kabar gembira buatmu, TLJ sudah selesai direnovasi Pemkot Semarang dan mulai difungsikan kembali untuk umum sejak Januari 2018 lalu, loh.

Setelah direnovasi, ada sejumlah perubahan fasilitas yang menjadikan GOR ini semakin nyaman, bersih, dan menyenangkan untuk tempat berolahraga. Fasilitas-fasilitas yang disediakan antara lain arena lari, lapangan sepak bola, tenis, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, dan gedung badminton. Ada juga Loop Arena untuk bermain basket dan skateboard.

Kemudian, fasilitas yang juga nggak kalah nyaman adalah tribun yang cukup modern, juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir, kamar mandi, dan kantin.

Arena lari di GOR Tri Lomba Juang (inibaru.id/Putri Rachmawati)

Ari, seorang siswa Kelas XII SMK N 7 Semarang, mengaku hampir tiap sore berolahraga di gedung yang berlokasi nggak jauh dari pusat kota Semarang tersebut. Di sana, dia biasanya menyempatkan diri untuk jogging atau sekadar melatih otot dengan push up, sit up, pull up.

"Nyaman olahraga di sini karena lapangannya empuk,” ungkap Ari, lalu tersenyum.

Dia berharap, suatu saat nanti ada fasilitas nge-gym di GOR yang letaknya berdekatan dengan sekolahnya tersebut.

“Ada tambahan tempat angkat berat sepertinya seru! Dulu ada di arena loop, tapi sekarang nggak,” kata dia.

 3. RTLH Semarang

Tempat buat kumpul-kumpul anak muda di Semarang yang gratis lainnya yaitu di Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau lebih sering disebut taman kota. Semarang memiliki beberapa taman kota yang kerap digunakan untuk bermacam-macam aktivitas. Beberapa yang sering digunakan antara lain Taman Gajahmungkur, Taman Pandanaran, Taman Srigunting, Taman Menteri Supeno (Taman KB), Taman Tirto Agung, Taman Sampangan, dan lain-lain.

Aktivitas yang dilakukan di taman-taman ini bermacam-macam, ada yang sekadar tempat beristirahat, ada yang dijadikan tempat senam, tempat berjualan, dan tempat untuk berswafoto.

Keberadaan taman kota memang sangat membantu untuk mengurangi polusi asap kendaraan. Namun kamu juga tetap perlu menjaga kebersihan di kawasan ini ya, Millens.

Nah, itu dia tempat-tempat favorit anak muda di Semarang. Selain nyaman, tempat-tempat itu juga menyediakan banyak fasilitas gratis. Kalau kamu milih nongkrong di mana nih, Millens? (Faidah Umu/E03)