Tembus 3 Juta Penonton, Sekuel "Dilan" Akan Tayang Tahun Depan

“Jangan rindu. Berat. Kamu nggak akan kuat. Biar aku saja.”

Tembus 3 Juta Penonton, Sekuel "Dilan" Akan Tayang Tahun Depan
Dilan dan Milea (pikiran-rakyat.com)

Inibaru.id –  Film Dilan 1990 memberi warna tersendiri bagi perfilman Tanah Air awal tahun ini. Sambutan datang dari berbagai kalangan, terutama anak muda. Nggak mengherankan jika film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini telah menembus angka tiga jutaan penonton sejak penayangan perdana pada 25 Januari 2018 lalu. Jumlah ini dipastikan akan bertambah karena film tersebut masih terus diputar di bioskop hingga saat ini.

Nah, kesuksesan film asmara SMA yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea) itu membuat Fajar Bustomi, sang sutradara, mengaku bersyukur dan bersemangat untuk menggarap kelanjutan kisah Dilan dalam sekuelnya, yakni Dilan 1991.

“Bersyukur banget karya kami banyak yang suka, sangat berterima kasih pada semua yang sudah menonton dan mendukung film Dilan 1990. Kami jadi bersemangat dalam memproses lanjutannya,” ujar Fajar Bustomi pada JawaPos, kamis (1/2/2018).

Hal itu juga diakui Ody selaku produser MAX Picture yang mengaku nggak sabar untuk memulai produksi sekuel Dilan.

Baca juga:
Deteksi Dini Penyakit pada Sapi dengan Pemindai Wajah Sapi
Tim-tim yang Akan Bertarung di Semifinal Piala Presiden 2018

“Sekarang kita sudah mempersiapkan syuting Dilan 1991. Rencananya pada Juli nanti, karena pada saat itu Iqbaal bisa pulang. Jadi saya tunggu dia,” ujar Ody, seperti ditulis Kapanlagi.com.

Pemilihan jadwal itu dilakukan untuk menyesuaikan jadwal Iqbaal Ramadhan, sebagai pemeran tokoh utama Dilan. Saat ini mantan personil CJR tersebut sedang melanjutkan studinya di negeri Paman Sam, AS.

Untuk pemain, Ody masih mempertahankan aktor dan aktris yang ada dalam Dilan 1990. Begitu juga dengan sutradara. Beberapa tokoh sentral dan pendukung sudah memenuhi kriteria dan cocok dengan karakter yang ada pada novel. Namun, untuk menyesuaikan cerita, nantinya bakal ada satu tambahan pemain baru.

“Ada pendatang baru, satu nama,” aku dia, sekaligus menjelaskan bahwa sekuel tersebut diperkirakan bakal tayang pada akhir 2018 atau awal 2019.

Waktu ini juga disesuaikan dengan jadwal libur Iqbaal agar nantinya dia pun bisa mengikuti serangkaian promosi hingga gala premiere.

Kerja Tim

Ody mengaku sebelumnya sudah menargetkan film ini bakal ditonton 3-4 juta orang. Target itu kini telah terbukti. Dia beranggapan, ini semua berkat kerja tim dan crew. Strateginya menggaet Pidi baiq untuk terlibat langsung dalam penggarapan film juga diakuinya sebagai salah satu cara jitu.

Baca juga:
Menguak Misteri di Balik "Rock Balancing"
Tahun Baru Imlek: Barongsai yang Mampu Satukan Perbedaan

Menurutnya, bukanlah perkara mudah untuk menyajikan latar Bandung era 1990-an. Sejumlah tantangan harus dihadapinya selama pembuatan yang memakan waktu produksi hampir tiga tahun. Ody pun mengatakan, untuk produksi dan promosi, film ini menghabiskan biaya sekitar Rp 11 miliar.

“Film ini tidak murah,” tegasnya.

Jadi, jangan lupa nonton Dilan 1991 ya, Millens. Inget, kalau nonton jangan sendirian, berat! Ha-ha. (LIF/GIL)