Telur Mengambang di Air Tanda Sudah Busuk?

Telur Mengambang di Air Tanda Sudah Busuk?
Bagaimana cara mengecek telur yang busuk? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Biasanya, tips untuk mengecek apakah telur sudah membusuk atau tidak adalah dengan meletakannya di dalam wadah air. Jika mengambang, telur dianggap sudah busuk. Hanya, apakah cara ini memang benar-benar valid?

Inibaru.id - Sudah jadi rahasia umum kalau makanan kadaluarsa berbahaya untuk dikonsumsi. Masalahnya, terkadang kita nggak tahu apakah bahan makanan yang akan kita olah itu sudah nggak layak atau tidak. Jika sembarangan mengolahnya, makanan ini tetap saja berbahaya atau kurang sehat meski sudah matang. Jadi, kita harus benar-benar berhati-hati, ya!

Nah, membedakan bahan makanan yang busuk atau masih berkualitas itu gampang-gampang susah. Kalau kita membeli makanan kemasan, biasanya sudah ada tanggal kadaluarsanya. Beberapa jenis bahan makanan juga bisa dihirup aromanya. Hanya, terkadang ada bahan makanan yang nggak begitu kelihatan masih baik atau tidak kondisinya seperti telur.

Telur memiliki cangkang yang membuat kamu nggak tahu bagaimana kondisi di dalamnya. Warnanya juga nggak ikut berubah meski kondisi telur di dalamnya sudah nggak bagus. Nah, banyak orang yang mengakali hal ini dengan menempatkannya di dalam wadah berisi air. Kabarnya, cara ini cukup efektif untuk memastikan apakah telur ini sudah membusuk atau belum, lo.

Nggak cukup dengan mengambangkan telur. (Istimewa)<br>
Nggak cukup dengan mengambangkan telur. (Istimewa)

Kabarnya, kalau telur mengambang di wadah air, bisa dipastikan bahwa telur tersebut busuk dan sudah nggak layak untuk dikonsumsi. Masalahnya, hal ini ternyata nggak benar-benar valid. Bisa jadi, telur yang nggak mengambang di wadah air ternyata sudah membusuk dan baru diketahui setelah cangkangnya dibuka.

Nah, melihat fakta ini, kamu sebaiknya lebih cermat sebelum memasak telur. Cobalah untuk memecah cangkangnya sedikit untuk mengecek apakah baunya masih normal atau tidak. Jika memang sudah tercium aroma yang nggak sedap, besar kemungkinan telur ini sudah busuk dan nggak layak lagi dikonsumsi.

Melihat fakta ini, lebih cermat ya saat membeli telur di pasaran. Memang, kebanyakan penjual sudah berusaha sebaik mungkin memastikan telur yang dijual dalam kondisi baik. hanya, nggak ada salahnya juga kok memastikannya berada dalam kondisi baik atau tidak sebelum memasaknya. (Ind/IB28/E07)