Tekan Sampah Plastik, Panitia Pesta Rakyat Jateng 2019 Sediakan Air Isi Ulang

Pengunjung gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 di Alun-Alun Wonogiri dilarang membawa air minum kemasan dari botol plastik. Sebagai gantinya, mereka bisa minum secara gratis dari galon air isi ulang yang bisa ditemukan di pinggir lapangan.

Tekan Sampah Plastik, Panitia Pesta Rakyat Jateng 2019 Sediakan Air Isi Ulang
Galon air isi ulang di acara Pesta Rakyat Jawa Tengah (Kompas/Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah)

Inibaru.id – Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 diadakan di Alun-Alun Wonogiri pada Jumat (23/8/2019) hingga Minggu (25/8). Nggak hanya dipenuhi dengan pengunjung, ada pemandangan unik lain yang bisa kamu lihat dalam gelaran ini, yakni puluhan galon air isi ulang yang berjejer di pinggir lapangan.

Laman Kompas, Jumat (23/8) menulis, keberadaan puluhan galon air isi ulang ini ternyata sengaja disiapkan para panitia bagi masyarakat yang haus dan ingin minum. Hal ini merupakan imbas adanya larangan untuk menggunakan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam acara ini.

Pengunjung biasanya memang akan memilih untuk membeli air minum kemasan dari bahan plastik untuk dibawa di keramaian atau di luar rumah. Namun, gelaran yang ditujukan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah ini memang ingin menyampaikan pesan bagi siapa saja untuk mengurangi sampah plastik.

Meskipun banyak pengunjung yang mengaku terkejut dengan aturan ini, kebanyakan dari mereka mendukung inisiatif panitia untuk mengurangi sampah plastik.

Sebelum ini, di media sosial Twitter dan Instagram pribadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sudah melakukan kampanye untuk mengurangi sampah plastik. Nggak hanya dilakukan khusus untuk acara Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019, Ganjar juga sudah mewajibkan pegawai di lingkungan Pemerintah Provnisi Jawa Tengah untuk membawa peralatan minum isi ulang sendiri.

Di rumah dinas dan ruang kerja Gubernur serta lingkungan kantor Pemprov Jateng juga telah disediakan galon air isi ulang yang bisa digunakan semua orang yang ingin minum.

“Saya senang saat tahu ada banyak galon air isi ulang di alun-alun ini. Silakan masyarakat menggunakan air isi ulang ini untuk minum. Mari kita kurangi sampah plastik,” ucap Ganjar dalam sambutan pembukaan Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019.

Jangan mau kalah, Millens. Kamu pun perlu mulai membiasakan diri untuk mulai mengurangi sampah plastik, demi kelestarian alam dan tempat tinggalmu. (IB09/E04)