TEDxUNDIP 2021 'Reveal the Sun', Saatnya Menjadi Matahari yang Menginspirasi

TEDxUNDIP 2021 'Reveal the Sun', Saatnya Menjadi Matahari yang Menginspirasi
Aeshnina Azzahra, salah satu speakers di acara TEDxUNDIP: Reveal the Sun 2021. (TEDxUNDIP)

Setelah sukses menyelenggarakan TEDxUNDIP: Wake Up Call pada 2019 lalu, kali ini TEDxUNDIP 2021 dengan tema 'Reveal The Sun' digelar. Seperti apa ya keseruan dari acara ini?

Inibaru.id – Sukses berkolaborasi dengan TED dalam TEDxUNDIP 1.0 pada 2019 lalu, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kembali menggelar TEDxUNDIP 2.0 pada Minggu (14/3/2021). Acara digelar secara virtual dengan "titik kumpul" di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mengusung tema Reveal The Sun: Apollo, Aurora, Twilight, TEDxUNDIP 2021 digelar sebagai wadah untuk berbagi ide dan inovasi, yang diharapkan mampu menginspirasi para mahasiswa Undip dan masyarakat Kota Semarang pada umumnya. Gelaran ini merupakan acara lanjutan dari TEDxUNDIP 1.0: Wake Up Call.

Sesuai pedoman dari TED, acara ini bersifat independen dan diselenggarakan oleh komite lokal, yang merupakan para mahasiswa Undip. Berbeda dengan TEDxUNDIP 2019, acara kali ini digelar virtual lantaran masih berada di tengah pandemi Covid-19. Namun, ini nggak mengurangi esensi acara tersebut.

Lead Organizer TEDxUNDIP Fikaanisa Deaputri dalam sambutannya berharap, nantinya para peserta untuk menjadi matahari di lingkungan masing-masing.

"Semua bisa melakukannya, siapa pun dia, berapa pun usianya," terangnya.

Digelar dari pukul 14.00 hingga 17.00 WIB, TEDxUNDIP 2.0 dihadiri enam speakers dengan latar belakang yang variatif, di antaranya young environmental activist Aeshnina Azzahra, Director of Teater Keliling Ruldof Puspa, dan schizophrenic survivor Osse Kiki.

Turut hadir dalam acara seru ini adalah pemilik Ida Modiste Hidayah Ratna, Woman Living with HIV Ayu Oktariani, serta Sustainable Energy and Development Professional Dr Marlistya Citraningrum. Dalam acara yang digelar selama tiga jam ini, para peserta juga mendapatkan bonus berupa e-certificate serta sejumlah penawaran menarik lain. 

Selain diskusi daring penuh gizi bersama ke-6 pembicara tersebut, TEDxUNDIP: Reveal The Sun juga memberikan kesempatan bagi para audiens untuk mendapatkan pengalaman baru berupa berkeliling ke sejumlah tempat ikonik Kota Semarang. Mereka melakukannya bersama dengan para pembicara.

Hm, anak muda kayak kita memang butuh hiburan yang seperti ini, ya, Millens! Eh, ngomong-ngomong, ada yang ikut juga nggak, nih? (IB09/E03)